Gejala-Gejala Penyakit Kencing Batu

Penyakit Batu Ginjal, Kenali Gejala dan Pengobatannya

penyakit kencing batu

“Misal pinggang di bagian kiri sakit, hampir pasti batu ginjal. Konstan, mau nungging nyerinya enggak akan hilang. Beda dengan nyeri otot, dibawa tiduran bisa lebih baik, karena posisinya relaks.”Jumlah penderita penyakit ginjal berusia muda yang menjalani perawatan semakin bertambah yang diduga akibat pola makan yang tidak sehat.

Semua orang, termasuk anak-anak, bisa sakit batu ginjal, yakni kondisi ketika material keras menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal, sering kali karena dehidrasi.ramuan penyakit kencing batu

Ginjal adalah organ penting berfungsi menjaga komposisi darah. Cara kerja ginjal mencegah limbah menumpuk dan mengendalikan keseimbangan cairan tubuh.Fungsi lainnya adalah menjaga level elektrolit seperti sodium, potasium, dan fosfat tetap stabil. Ginjal juga memroduksi hormon dan enzim yang membantu mengendalikan tekanan darah, membuat sel darah merah, dan menjaga tulang kuat.

Apa itu penyakit batu ginjal?

Proses terjadinya batu di ginjal disebut nephrolithiasis. Batu ginjal sendiri merupakan endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada di air kencing. Penyakit batu ginjal atau kencing batu ini biasanya berukuran sangat kecil atau bisa mencapai sekitar beberapa inci. Sementara itu, ukuran batu yang lebih besar yang mengisi saluran yang membawa kencing dari ginjal ke kandung kemih disebut batu staghorn.sebab penyakit kencing batu

Penyebab Batu Ginjal

Dehidrasi dan kurang minum air putih sering mengawali adanya gejala penyakit batu ginjal”Penyebab tersering karena dehidrasi. Anak kecil suka main. Ingatkan untuk minum,” katanya dilansir Antara.Selain itu, ia menjelaskan, anak-anak yang memiliki kelainan metabolik punya risiko lebih besar kena batu ginjal.

Anak-anak yang tinggal di kawasan timur Indonesia, menurut dia, juga berpotensi menghadapi masalah serupa karena kandungan kapur yang tinggi dalam air di kawasan tempat mereka tinggal.Bila batu sudah terbentuk di ginjal, aliran urine bisa tersumbat sehingga terjadi pembengkakan dan regangan pada ginjal. “Bila tak segera diatasi, akan terjadi kerusakan ginjal permanen,”

Gejala Batu Ginjal

Salah satu pertanda adanya batu pada ginjal adalah penderita merasakan nyeri pinggang atau rasa tidak nyaman pada tubuh di daerah bawah iga terakhir sampai dengan atas tulang panggul. Tak hanya nyeri pinggang, seorang yang menderita batu ginjal juga mengalami gejala lain yakni mual, muntah, demam, nyeri saat berkemih, urine kemerahan, gangguan saat berkemih misalnya sulit atau tersendat, lemas dan penurunan berat badan.penyakit batu saluran kencing

Hanya saja, batu ginjal tak selalu memunculkan gejala bahkan nyeri pinggang sekalipun. Kondisi ini berbahaya karena tanpa penderita sadari batu bisa semakin membesar dan menyumbat ginjal. Dia mengungkapkan, seseorang yang sudah pernah menderita batu ginjal berpeluang terkena masalah serupa 50 persen dalam 5 tahun. Oleh karena itu, agar tak mengalami batu ginjal sebaiknya jaga pola makan dan penuhi asupan cairan harian.

Waspada 10 Gejala Awal Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit berasal dari terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang dipisahkan ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Biasanya batu ginjal bersarang di saluran kemih yang mengakibatkan Anda sakit parah. Tanda-tanda umum dari batu ginjal seperti nyeri saat buang air kecil, mual, demam, nyeri di perut bawah, perubahan warna urine, sering buang air kecil, buang air kecil dalam jumlah kecil, dan bau pada urin.

Meskipun pengobatan alami banyak tersedia untuk mencegah batu ginjal, lebih baik Anda mendeteksi dini gangguan ini. Untuk itu, berikut gejala umum Anda terserang penyakit batu ginjal.

1. Kurangnya kalsium dalam tubuh

Batu ginjal terdiri dari kalsium. Biasanya orang yang kurang mengonsumsi kalsium rentan terhadap batu ginjal dibandingkan mereka yang mengonsumsi banyak kalsium. Sebab kalsium dapat mengikat bahan kimia yang disebut oksalat sehingga mampu mencegah zat tersebut masuk ke dalam saluran kemih dan membentuk batu ginjal.solusi penyakit kencing batu

2. Sakit perut dan sakit punggung

Nyeri perut atau punggung merupakan salah satu tanda awal dari batu ginjal. Nyeri ini bisa bertambah parah bahkan Anda akan sulit duduk dan berdiri dengan baik. Jika rasa sakit semakin hebat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

3. Perubahan warna urine

Ketika batu ginjal melewati saluran kemih dapat merusak tabung kecil yang membawa urine keluar dari tubuh. Ketika ini terjadi, akan nampak perubahan pada warna dan bau urine.

4. Sering dan sakit ketika buang air kecil

Batu ginjal yang pindah ke kandung kemih dapat mengiritasi dan terasa “membakar” organ. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dan sering buang air kecil. Sakit dan sering buang air kecil juga bisa menjadi gejala medis seperti infeksi saluran kemih atau penyakit menular seksual.

5. Gejala flu

Ketika batu ginjal terjebak di saluran kemih, Anda dapat terserang gejala flu. Gejala ini termasuk demam, menggigil dan kelelahan, serta merasa mual.

6. Pendarahan saat buang air kecil

Kondisi pendarahan dalam urine dikenal dengan nama hematuria. Hal ini dapat terjadi karena adanya batu ginjal dan ureter. Orang dengan batu ginjal mengsekresikan sejumlah kecil darah dalam urine. Hal ini dapat menyebabkan urine tampak merah berwarna gelap.

7. Penyakit turunan

Jika seseorang menderita batu ginjal dalam keluarga Anda, risiko Anda menderita batu ginjal dapat meningkat. Ketidakmampuan untuk menyerap oksalat dapat diwarisan dari orangtua yang menderita gangguan yang sama.

8. Penyakit inflamasi usus (IBD)

Jika Anda menderita IBD, penyakit Crohn atau ulseratif kolitis, maka Anda berisiko terkena batu ginjal. Gangguan macam ini mengakibatkan diare serta menyebabkan dehidrasi sehingga dapat membentuk batu ginjal.penyakit batu di saluran kencing

9. Infeksi Saluran Kemih (ISK) secara berulang

ISK berulang dapat menyebabkan batu ginjal karena batu mungkin akan diblokir di saluran kemih. Jika Anda menghadapi masalah ini terlalu sering, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter terdekat sesegera mungkin.

10. Penggunaan obat pencahar

Penggunaan obat pencahar berlebih dapat mencegah ke