Gejala Penyakit Kencing Batu dan Pengobatannya

Anut Gaya Hidup Sehat Untuk Mengurangi Risiko Terkena Batu Ginjal dan Pengobatan Herbal

PENYAKIT KENCING BATU

Penyakit Batu Ginjal/Kencing Batu

Batu ginjal disebut dengan nefrilitiasis. Keadaan ini terjadi saat kristal-kristal batu terbentuk di dalam ginjal. Akibatnya, batu-batu tersebut akan menyumbat saluran ureter. Salah satu penyebabnya adalah adanya timbunan zat kalsium, oksalat dan juga fosfat.Lantas, apakah penyakit batu ginjal ini bisa berujung pada penyakit gagal ginjal yang mematikan? Jawabannya adalah iya. Namun, tidak secara instan. Batu yang tertimbun lama dan membersar bisa menyebabkan kebengkakan pada ginjal. Setelah itu, urin lama kelamaan akan banyak tertahan di ginjal. Akhirnya, ginjal menjadi lebih banyak menanggung urin, berat, dan bisa mengalami kerusakan.

Kendati demikian, jika tidak dilakukan pencegahan ataupun penghancuran batu ginjal, lama kelamaan akan sangat berbahaya bagi tubuh. Apalagi, batu ginjal yang sudah dihancurkan masih dimungkinkan untuk muncul kembali dalam lima tahun.ciri ciri penyakit kencing batu

Gagal ginjal sendiri akan membuat penderitanya harus melakukan cuci darah rutin. Hal itu dilakukan untuk menyaring racun yang tersebar dalam tubuh akibat fungsi ginjal yang tak normal lagi. Nah, daripada harus terkena gagal ginjal lantaran terbentuknya kristal-kristal batu dalam ginjal, beberapa pencegahan sangat wajib kamu lakukan.Pola hidup dan makan sehat menjadi salah satu rahasia untuk menghindari bahaya batu ginjal. Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terkena batu ginjal? Simak tipsnya sebagai berikut.

1. Perbanyak Minum Air Putih Untuk Hindari Batu Ginjal

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan memperbanyak mengonsumsi air putih. Jumlah konsumsi minimal air putih dalam sehari juga sudah ditentukan.Usahakan minum air putih dengan jumlah 44 ml/kg berat badan. Jadi, jumlah berat badan dikali 44 ml adalah jumlah konsumsi air putih yang wajib kamu konsumsi dalam sehari untuk mencegah batu ginjal. Air putih sendiri juga berfungsi untuk meluruhkan seluruh racun ditubuh sekaligus memperlancar kerja ginjal.

2. Mengurangi Konsumsi Soda, Teh Dan Kopi

Menambah konsumsi air putih juga harus diimbangi dengan mulai mengurangi konsumsi soda, teh dan juga kopi. Kandungan alkohol dan juga kafein dari ketiga minuman tersebut jika dikonsumsi berlebihan akan sangat buruk untuk ginjal.

Selain kandungan alkohol, kandungan gula dalam minuman-minuman tersebut juga akan memicu timbulnya batu ginjal. Gula akan mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium dan magnesium. Adanya dua unsur tersebut yang berlebihan dalam tubuh dapat menimbulkan kemungkinan terkena batu ginjal.penyebab penyakit kencing batu dan cara mengobatinya

3. Mengurangi Asupan Garam Dan Makanan Asin

Cara ketiga untuk menghindari terkena batu ginjal adalah dengan mengurangi asupan garam dan makanan asin. Larangan mengonsumsi makanan asin yang mengandung natrium ini berkaitan dengan jumlah kalsium yang ada dalam tubuh. Diketahui, natrium dalam garam bisa meningkatkan jumlah kalsium dalam urin. Akibatnya, peluang terbentuknya batu ginjal menjadi semakin besar.

Membatasi konsumsi garam dalam sehari sangat wajib dilakukan untuk menghindari terbentuknya batu ginjal. Maksimal konsumsi garam dalam sehari adalah sekitar 5 gr atau 1 sendok teh garam dapur.Waspadai pula makanan-makanan yang mengandung garam terselubung, seperti saus sambal dan tomat, kecap, saus tiram, dan juga makanan-makanan cepat saji. Untuk itu, lebih waspada ya terhadap konsumsi garam dan makanan lain yang mengandung natrium ini.

4. Mengurangi Konsumsi Daging Merah Dan Protein Hewani Lain

Makanan sumber protein hewani, seperti daging merah, bisa turut memunculkan risiko terkena batu ginjal. Tak hanya daging merah, makanan lain seperti telur, jeroan, seafood dan juga beberapa produk susu, baiknya tak dikonsumsi berlebih.Produk-produk mengandung protein tersebut nantinya bisa diubah menjadi asam urat dalam urin. Asam urat sendiri merupakan salah satu pemicu terbentuknya batu ginjal. Konsumsi daging maksimal perhari adalah berkisar 170 gr daging.ciri penyakit kencing batu pada pria

5. Perbanyak Makan Buah Dan Sayur Dengan Banyak Kandungan Air Dan Oksalat

Salah satu cara mencegah terbentuknya batu ginjal adalah dengan memperbanyak minum air putih. Jika tidak, kamu bisa mengakalinya dengan banyak mengonsumsi buah yang mengandung banyak air.Selain buah yang mengandung banyak air, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa sayuran pendukung. Buah dan sayuran dengan kandungan oksalat yang tinggi bisa membantu jumlah oksalat dalam urin. Hal ini berkaitan dengan kalsium pembentuk batu ginjal.

Beberapa buah dan sayur dengan kandungan oksalat tinggi ini seperti, bayam, buah bit, kiwi, almond, kacang mede, cokelat, dan lainnya. Konsumsi makanan mengandung oksalat dan juga kalsium secara bersama-sama dan seimbang juga bagus untuk mencegah timbulnya batu ginjal.

6. Jaga Berat Badan Untuk Mencegah Batu Ginjal

Selain menjaga pola makan, menjaga berat badan juga tak kalah penting dalam mencegah timbulnya batu ginjal. Apalagi berat badan yang berlebihan atau obesitas sering dikaitkan dengan sederet penyakit lain yang mungkin timbul.Berat badan yang berlebihan bisa menimbulkan resistensi insulin dan peningkatan jumlah kalsium dalam urin. Orang yang memiliki berat badan berlebihan juga cenderung memiliki pH urin yang lebih asam. Akibatnya, risiko terkena batu ginjal menjadi semakin besar jika memiliki berat badan berlebih.

7. Konsumsi Lemon Bisa Bantu Mencegah Batu Ginjal

Untuk menghindari terkena batu ginjal, kamu bisa menambah jumlah konsumsi lemon. Buah yang satu ini dipercaya memiliki segudang manfaat, selain juga untuk kepentingan kecantikan.Dalam buah lemon terdapat kandungan sitrat yang tinggi. Kandungan sitrat yang ada dalam urin dapat membantu mencegah kalsium saling mengikat dengan konstituen lain yang menyebabkan batu ginjal.

Akan tetapi, tetap ingat untuk tidak mengonsumsi lemon yang dipadukan dengan gula berlebihan. Usahakan konsumsi lemon yang bebas gula. Bisa juga menggunakan pengganti gula yang lebih sehat untuk membantumu memperbanyak jumlah konsumsi lemon yang baik untuk tubuh ini.cara mengobati penyakit kencing batu

8. Jangan Sering Tunda Buang Air Kecil

Sering menahan buang air kecil juga bisa menjadi pemicu munculnya batu ginjal dalam tubuh. Hal itu terjadi lantaran urin yang tak segera dikeluarkan akan menimbulkan endapan mineral yang memicu batu ginjal.Selain batu ginjal yang mungkin muncul, menahan buang air kecil juga bisa menimbulkan sederet masalah lain pada ginjal. Beberapa penyakit tersebut misalnya, infeksi saluran kencing, pembengkakan kandung kemih, hingga risiko gagal ginjal sendiri. Oleh karena itu, jangan sering menunda buang air kecil jika tidak sangat darurat, ya.

Kencing batu bisa dialami anak-anak, kenali penyebab dan cara menanganinya

Batu ginjal pada anak biasa terjadi karena kurangnya asupan cairan, atau anak mengalami infeksi saluran kemih. Simak gejala dan cara penanganannya berikut ini.Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena penyakit batu ginjal atau juga dikenal dengan sebutan kencing batu. Biasanya dipicu oleh kebiasaan kurang minum air putih, sehingga anak mengalami dehidrasi dan kerja ginjal menjadi lebih berat.

Penyakit ini juga disebut nefrolitiasis, yakni kondisi adanya material keras mirip batu yang terbentuk di dalam ginjal. Nefrolitiasis disebabkan oleh zat-zat limbah di dalam darah, yang disaring oleh ginjal kemudian mengendap dan membentuk kristal.Data dari Kemenkes di tahun 2013, penderita batu ginjal pada rentang usia di atas 15 tahun, berada pada kisaran 0,6% dari total seluruh penduduk Indonesia. Provinsi terbanyak yang melaporkan kasus penyakit nefrolitiais adalah Yogyakarta, Aceh, Jabar, Jateng dan Sulteng.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai penyakit batu ginjal. 

Jenis-jenis penyakit batu ginjal pada anak

Penyakit nefrolitiasis dikategorikan menjadi 4 jenis, yakni nefrolitiasis kalsium, nefrolitis asam urat, nefrolitiasis struvit dan nefrolitiasis sistin.cara menyembuhkan penyakit kencing batu

  • Sistin. Batu Sistin bisa terjadi pada siapa saja, tak pandang usia dan jenis kelamin. Mereka yang memiliki riwayat genetik cystinuria berisiko lebih besar mengalami hal ini. Cystinuria adalah penyakit turunan yang disebabkan oleh mutasi genetik, dan mengakibatkan terbentuknya batu asam amino di saluran air kencing seperti ureter, ginjal dan kandung kemih.
  • Kalsium. Batu kalsium adalah jenis nefrolitiasis yang paling banyak ditemukan, dan terjadi karena konsumsi makanan mengandung oksalat (senyawa kalsium yang ditemukan dalam beberapa jenis sayuran, seperti bayam, kedelai, dan kacang-kacangan). Kadar kalsium oksalat tinggi di saluran kemih bisa menyebabkan batu ginjal.
  • Asam urat. Batu akibat asam urat biasanya ditemukan pada pria, yang terjadi saat ada asam berlebihan di air seni atau urin.
  • Struvit. Biasanya terjadi pada wanita yang menderita ISK, disebabkan oleh infeksi pada ginjal yang muncul akibat infeksi saluran kemih yang tidak diobati dengan baik.

Penyebab batu ginjal pada anak terjadi

faktor yang menyebabkan banyak anak mengalami penyakit batu ginjal biasanya karena aktivitas berlebih dan kurang minum air putih.

Faktor-faktor penyebab nefrolitiasis.

  • Dehidrasi. Dehidrasi membuat asupan cairan kurang di dalam tubuh, dan konsentrasi urin jadi lebih pekat. Itulah sebabnya terbentuk endapan kristal di saluran ureter. Sehingga terjadilah nefrolitiasis.
  • Gaya hidup tidak sehat. Konsumsi gula berlebih, minuman berkafein atau minuman ringan, dan makanan yang terlalu asin, bisa memicu batu kalsium terjadi di ginjal. Obesitas juga menjadi salah satu penyebabnya.
  • Infeksi saluran kemih. Kelainan yang terjadi akibat ISK akan menghambat aliran urin dan membentuk sebuah area penumpukan urin. Ketika urin berhenti keluar, akan terbentuk kristal yang menyebabkan batu ginjal terjadi.
  • Obat-obatan. Beberapa obat bisa meningkatkan risiko terjadinya nefrolitiasis. Terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar.
  • Gangguan metabolisme. Memicu sistin di urin atau oksalat meningkat sehingga terbentuk kristal yang membatu.
  • Gangguan kesehatan lain. Arthritis, gagal ginjal, tiroid, amandel dan ISK bisa memicu terjadinya nefrolitiasis.

Gejala batu ginjal pada anak

  • Sakit di bagian punggung atau pinggang
  • Rasa sakit yang menyebar di perut bawah ke bagian kemaluan
  • Sakitnya kadang datang kadang pergi
  • Darah di urin, atau kencing berdarah
  • Mual dan muntah
  • Anyang-anyang, atau sakit saat pipis
  • Sering kebelet pipis
  • Demam

Salah satu alternatif untuk mengobati penyakit Batu Ginjal  adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang bermanfaat membantu pengobatan penyakit anda, kami De Nature Indonesia menyediakan produk obat herbal untuk membantu penderita penyakit Batu Ginjal.

Galgin Karomah + Gang Jie dari kami De Nature. Salah satu produk Obat Herbal Alami, diproduksi lebih dari 10 tahun yang sudah dipercaya sampai sekarang. Terbuat dari bahan herbal, sehingga aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek Samping. Segera obati penyakit wasir anda, dengan izin Alloh SWT mudah-mudahan dapat terobati. Amin. Untuk pemesanan obat herbal Batu Ginjal  bisa melakukan kontak dengan kami.

Separah apapun penyakit yang anda alami dapat disembuhkan jika anda sendiri mau berusaha mengobatinya, Batu Ginjal  bisa disembuhkan secara cepat dan aman! Silahkan kontak kami 




OBAT BATU GINJAL