Gejala Gejala Penyakit Batu Ginjal

5 Jenis Batu Ginjal yang Bisa Menyerang dan Obat Untuk Menghancurkan Batu Ginjal

penyakit batu ginjal

Awas, Ini 5 Jenis Batu Ginjal yang Bisa Menyerang

Sebagian besar orang dengan batu ginjal tidak menyadari kondisinya dan baru diketahui setelah muncul gejala yang menyakitkan. Nah, ada 5 jenis batu ginjal yang bisa menyerang sehingga perlu diwaspadai.Beberapa rekomendasi diet mungkin bisa berlaku untuk 1 atau lebih jenis batu ginjal. Namun yang terutama adalah minum cukup air bisa membantu mencegah semua jenis batu ginjal.

Berikut ini 5 jenis batu ginjal yang bisa mengintai dan proses pembentukannya,yaitu:

1. Batu kalsium oksalat

Jenis batu ini merupakan yang paling umum dan cenderung terbentuk ketika urine bersifat asam dan memiliki pH rendah. Oksalat yang terdapat di dalam urine ini diproduksi oleh tubuh.Kalsium dan oksalat dalam makanan turut berperan, tapi bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi pembentukan batu. Oksalat ditemukan pada sayuran, buah-buahan dan kacang-kcangan, serta kalsium dari tulang juga mungkin memainkan peran dalam pembentukan batu ginjal.foto penyakit gagal ginjal

2. Batu kalsium fosfat

Meskipun jenis batu ginjal yang satu ini kurang umum, tapi batu terbentuk ketika urine bersifat basa yang berarti memiliki pH tinggi lebih dari 7.

3. Batu asam urat

Batu ini lebih mungkin terbentuk ketika urine secara terus menerus bersifat asam. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh makanan yang kaya protein hewani dan ditemukannya zat purin. Diketahui purin secara alami ada di dalam semua makanan, tapi yang paling utama ada di jeroan, ikan dan kerang.jual obat batu ginjal di lampung

4. Batu struvite

Batu ini terbentuk akibat adanya infeksi di ginjal, maka untuk mencegahnya adalah dengan mengobati dan menjaga ginjal bebas dari infeksi. Meski begitu pola makan belum terbukti bisa mempengaruhi pembentukan batu struvite.

5. Batu cystine

Batu ini terbentuk dari hasil kelainan genetik langka yang menyebabkan asam amino cystine (salah satu pembentuk protein) bocor, sehingga masuk ke ginjal dan ke dalam urine sehingga membentuk kirstal.

Berbagai Jenis Batu Ginjal

Batu ginjal adalah sebuah penyakit yang sangat biasa ditemukan masyarakat yang telah berumur di Indonesia. Batu ginjal umumnya berupa gumpalan kecil yang mengeras dan terbentuk di dalam ginjal anda. Biasanya, batu ginjal terbentuk karena adanya mineral dan asam garam yang mengkristal dan membatu di ginjal, dan kemudian turun ke saluran urine. Banyak yang mengira jika batu ginjal hanya memiliki satu jenis yang mengganggu kesehatan tubuh, namun, pada kenyataannya, ada beberapa jenis dari batu ginjal yang dapat diklasifikasikan sebagai berikut

Batu kalsium adalah jenis batu ginjal yang paling biasa dialami oleh banyak orang. Kalsium pembentuk batu ginjal ini adalah sejenis kalsium oxalate yang biasa ditemui pada makanan-makanan yang dengan mudah kita konsumsi seperti sayuran, kacang, hati, maupun cokelat. Namun penyebab lain adanya peningkatan konsentrasi kalsium oxalate juga bisa berasal dari efek operasi saluran pencernaan, konsumsi vitamin D dosis tinggi, maupun masalah metabolism.

Batu ginjal jenis kedua adalah batu struvi