Gambar Penyakit Wasir Stadium 3

Penyebab dan Cara Mengobati Hemoroid / Wasir

 

 

Penyakit Wasir

 

Apa itu hemoroid? 

 

Dalam bahasa awam, hemoroid sering disebut dengan wasir atau ambeien. Ambeien sebenarnya bukan sebuah penyakit. Menurut medis, dan secara anatomi ambeien bukan merupakan sebuah penyakit, melainkan suatu perubahan pada bantalan pembuluh darah di bagian anus. Adapun perubahan tersebut berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan yang ada disekitar anus itu sendiri. penyakit wasir dan penyebabnya 

 

Sebenarnya ambeien sendiri juga tidak terlalu berbahaya, hanya ditakutkan jika dibiarkan akan terjadi peradangan dan dapat menyebabkan infeksi yang ujung-ujungnya akan berakibat komplikasi pada bagian anus anda.

 

Gejala umum ambeien biasanya adalah terjadi pendarahan pada anus, kemudian juga terasa ada ganjalan pada anus saat duduk apalagi setelah buang air besar, terasa ada sesuatu yang keluar dari bagian anus, dan terasa gatal. Bagian yang keluar tersebutlah disebut ambeien atau wasir. Kandang juga akan terasa gatal pada bagian anus yang keluar tersebut, lama-lama jika selalu tergesek dengan celana maka akan menyebabkan peradangan.

 

Penyebab Hemoroid

 

Hemoroid dapat muncul akibat dari pola hidup anda. Kebanyakan yang terjadi adalah karena jongkok terlalu lama dan karena buang air besar terlalu lama. Hal itu disebabkan karena anda kurang mengkonsumsi serat sehingga susah untuk buang air besar. Selain itu, faktor resiko lain yang dapat menyebabkan hemoroid adalah faktor usia ( lebih dari 45 tahun lebih beresiko), kelebihan Berat Badan, riwayat keluarga sakit hemoroid, dan kehamilan. penyakit wasir dalam islam 

 

Cara Mengobati Hemoroid

 

Cara mengobati hemoroid dapat dilakukan secara non farmakologi yaitu dengan mengubah pola hidup sehari-hari, seperti :

 
  • Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan
  • Minum air putih minimal 8 kali sehari atau setara 2 liter air
  • Olahraga teratur dan banyak beraktifitas, jangan terlalu lama duduk
  • Hindari alkohol
  • Jangan terlalu lama saat buang air besar
  • Jangan melakukan hubungan suami istri pada bagian anus
  • Jangan sering menahan buang air kecil atau besar
  • Menurunkan berat badan

Apabila hemoroid masih terasa mengganjal, mengganggu aktivitas, dan berdarah maka dapat dipertimbangkan pengobatan dengan operasi. Dalam operasi, bagian anus yang keluar tersebut akan diangkat sehingga tidak akan mengganggu lagi.

 

Wasir begitu awam menyebutnya-menjadi momok bagi orang yang menderitanya. Benjolan di dalam anus ini membuat rasa tidak nyaman. Duduk salah. Berdiri, juga salah. Apalagi kalau hendak buang hajat. 

 

Bagaimana mengatasinya?

 

Hemoroid (wasir) hampir sama bentuknya dengan varises-penyakit yang biasanya terdapat di daerah kaki dikarenakan terlalu lama berdiri. Bedanya, hemoroid terdapat pada anus. Hemoroid atau wasir merupakan penyakit yang sering dijumpai di masyarakat. Kondisi ini bisa terjadi pada 80% orang dewasa, dan sebagian besar bersifat asimptomatik (tidak menunjukkan gejala). Pada sebagian kecil, hemoroid dapat bersifat simptomatik (bergejala), namun karena malu banyak penderita yang lebih memilih diam dengan kondisinya ini. 

 

Gejala Tergantung Lokasi

 

Gejala yang umum dialami penderita adalah perdarahan saat buang air besar (BAB) tanpa disertai rasa sakit. Jika menggunakan tisu sebagai pembersih setelah buang air, biasanya akan muncul sedikit darah segar di permukaan tisu. Gejala lain yang dapat muncul antara lain rasa gatal atau iritasi di sekitar anus, rasa tidak nyaman di daerah anus, pembengkakan di sekitar anus, atau munculnya benjolan pada anus yang kadang terasa sangat sensitif ketika disentuh. Gejala dari hemoroid bergantung dari lokasinya. penyakit wasir dan gejalanya

 

Jika terlatak di dalam (hemoroid interna), umumnya kondisi ini tidak menimbulkan gejala. Hemoroid interna tidak memiliki persarafan sensorik, sehingga tidak menyebabkan rasa sakit. Tetapi jika pasien mengejan terlalu keras, feses atau kotoran yang melewati permukaan dengan hemoroid dapat mengakibatkan perdarahan. 

 

Lain halnya dengan hemoroid eksterna, yang ditandai dengan benjolan di sekitar anus. Hemoroid eksterna dipersarafi oleh saraf kutaneus di daerah perianal (daerah sekitar anus). Jika benjolan sudah besar, akan mengakibatkan rasa yang sangat mengganggu. Ini dapat berupa rasa gatal yang kadang tidak tertahankan, sehingga penderita akan menggaruknya, mengakibatkan iritasi dan rasa sakit.

 

Secara anatomi, saluran anus adalah satu bagian tubuh yang kaya pembuluh darah, dimana terdapat hubungan langsung antara arteri kecil (arteriol) ke vena kecil (venula). Di sana terdapat bantalan anal yang melekat pada otot. Pembuluh darah dari bantalan ini akan melindungi otot sfingter (otot bagian luar anus yang menguncup) dari kerusakan saat mengejan. 

 

Hemoroid tidak hanya terdiri dari pelebaran pembuluh darah, tetapi merupakan gabungan antara jaringan pembuluh darah (seperti arteriol, venula, penghubung arteriol-venular) otot halus (otot treitz) dan jaringan penghubung yang dilapisi epitelium normal dari kanal anal. Mengejan saat BAB akan menyebabkan berkembangnya penyakit hemoroid. Jika terjadi prolaps atau pengenduran pembuluh darah, bantalan anal akan menonjol dan melembung saat mengejan sampai bantalan ini kembali ke posisinya.

 

Klasifikasi

 

Hemoroid adalah pelebaran pembuluh darah vena yang terletak di rectum (usus bagian bawah) dan anus. Seperti dikatakan di atas, setidaknya terdapat dua jenis hemoroid, yaitu; hemoroid interna dan eksterna. Hemoroid interna dapat dikelompokkan ke dalam 4 tingkat berdasarkan progresivitas (tingkat keparahan) dan ada tidaknya prola