Obat Tradisional Mengobati Batu Ginjal

Penyebab Batu Ginjal ,Jenis Makanan Yang Diperbolehkan Dikonsumsi serta Jenis Sayur dan Buah Yang Baik untuk Dikonsumsi

penyakit batu ginjal

Kita sering kali mendengar salah satu jenis penyakit ini yaitu batu ginjal namun sebenarnya apa sih penyakitbatu ginjal itu?. Penyakit batu ginjal merupakan suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu yang terbentuk didalam ginjal seseorang. Material yang terdapat dalam gunjal tersebut merupakan suatu zat-zat limbah yang berasal dari darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal.obat tradisional untuk batu ginjal akut

Penyakit batu ginjal ini meruapakan salah satu jenis penyakit yang bisa diderita baik wanita maupun pria, namun kebanyakan yang menderita adalah para pria. Samahalnya dengan penyakit lain, penyakit batu ginjal juga mempunya beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang mengalaminya yaitu seperti adanyanya nyeri pada punggung atau kolik yang lumayan hebat, adanya deamam dan rasa menggigi, rasa mual, terdapat darah pada urin dll.

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penyebab batu ginjal yang dialami oleh para wanita. Beberapa penyebabnya akan dijelaskan sebagai berikut.

Penyebab Batu Ginjal Pada Wanita

1. Endapan oleh makanan

Dibanding pria mungkin wanita merupakan salah satu yang sangat mneyukai makan ataupun ngemil namun anda harus waspada karena penyakit batu ginjal juga bisa disebabkan oleh adanya endapan makanan, makanan yang masuk kedalam tubuh akan berupah menjadi suatu zat-zat, zat-zat tersebut kemudian akan mengalir pada aliran darah namun zat-zat limbah yang mengalir dalam darah hasil penyaringan dari ginjal ini tidak berjalan secara maksimal sehingga mengakibatkan adanya pengendapan dan pengristalan yang lama kelamaan akan membentuk sebuah material keras seperti batu.

2.Terlalu tingginya kadar kalsium

Adanya kalsium yang terlalu tinggi pada tubuh mengakibatkan ginjal akan terlalu banyak bekerja untuk mengaluarkan urin sehingga akan terjadi penuruan fungsi pada ginjal. Zat-zat kalsium yang adapun kemudian akan menumpuk dan secara perlahan akan mengendap kemudian akan membentuk massa padat yang disebut dengan batu ginjal.

3. Tingginya kadar Oklsalat pada tubuh

Salah satu penyebab adanya pembentukan batu ginjal pada tubuh juga dipengaruhi oleh tingginya kadar Oksalat pada tubuh. Kadar Oksalat merupakan suatu zat yang ikut mempengaruhi terbentunya batu ginjal.

4. Sistin yang bocor

Sistin merupakan suatu asam alami yang ada didalam tubuh, jika sistin alami ini bocor dari ginjal dan masuk ke dalam urine maka akan menyebabkan batu ginjal.

5. Kurang asupan air dan cairan

Kurangnya asupan air dan cairan akan sangat jelas mengakibatkan seseorang mengalami gagal ginjal hal ini dikarenakan tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga ginjal tidak mampu untuk melarutkan dan membuang garam kalsium dari tubuh.obat batu ginjal tradisional paling ampuh

6. Faktor genetik

Menurut beberapa ahli kesehatan penyakit batu ginjal juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Batu ginjal yang disebabkan oleh faktor keturunan ini disebut sebagai cystinuria dimana terdapat kadar asam amino yang jumplahnya lebih tingi didalam urine.

7. Batu struvite  atau magnesium  ammonium fosfat yang lebih besar dari kalsium

Adanya batu struvite yang lebih besar dari kalsium didalam tubuh seseorang ternyata bisa mengakibatkan infeksi yang terjadi pada saluran urin tidak hanya itu adanya batu struvite yang lebih besar juga bisa menciptakan batu-batu. Infeksi yang terdapat dalam saluran urine ini akan mengeluarkan ammonia lebih tinggi mengakibatkan pH urine lebih tinggi dan membuang magnesium secara berlebihan.

8. Wanita Obesitas

Seperti yang kita thahu selama ini bahwa obesitas yang dialami oleh seseorang akan bisa memicu banyak penyakit yang mungkin terjadi. Walaupun obesitas bisa terjadi baik pada wanita maupun pria namun persentasenya banyak wanita. Obesitas yang terjadi ini akan memicu banyak penyakit salah satunya ialah batu ginjal.

9. Efek samping operasi

Operasi yang dilakukan pada seseorang yang terdapat pada organ pencernaan seperti operasi usus buntu juga bisa memicu penyakit lain yaitu penyakit batu ginjal, sehingga jika anda pernah melakukan operasi usus buntu hendaknya ada hgarus memperhatikan pola hidup anda supaya tidak  mengalami penyakit battu ginjal juga.

10. Efek Obat-obatan

Sering kali seseorang yang mempunyai sutu penyakit dan mengkonsumsi obat secara rutin, seseorang tersebut akan kecanduan obat, kecanduan obat inilah yang akhirnya membuat seseorang mengkonsumsi obat secara berlebihan sehingga mengakibatkan mengalami penyakit gagal ginjal. Obat-obatan tersebut misalnya seperti antibiotic, aspirin dll.

11. Memilih makanan kurang tepat

Kesalahan pola makan pada seseorang yang menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi yang masuk kedalam tubuh juga bisa mengakibatkan gagal ginjal, apalagi biasanya pada wanita sangat senang sekali untuk ngemil.

12. Hidup dengan satu ginjal

Seseorang yang hanya mempunyai osatu ginjal dalam proses metabolism dalam tubuhnya pun ginjal tidak bisa bekerja secara normal, seseorang yang hanya mempunyai satu ginjal biasanya hanya mampu untuk membuang metabolisme dari satu ginjal,sehingga hal ini akan mengakibatkan penmumpukan zat lmbah pada ginjal sehingga menmbentuk batu ginjal.

13. Usia

Usia memang merupakan faktor yang sangat penting dalam mengalami suatu penyakit, semakin tua seseorang maka kadar  kesehatannya juga semakin menurun, kebiasaan buruk pada waktu muda akan mengakibatkan banyaknya penyakit pada masa tua.

14. Kebiasan menahan air kecil

Hampir semua orang tahu bahwa kebiasaan menahan air kecil dapat mengakibatkan batu ginjal, hal ini dikarenakan urin yang ditahan terlalu lama menjadi pekat yang disebabkan oleh aktifitas bakteri yang berlebih.

15. Konsumsi gula berlebih

Wanita biasanya akan sangat suka pada makanan yang manis namun jika konsumsinya terlalu berlebih bisa mengalami penyakit batu ginjal. Bahkan konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit diabetes

16. Radang usus besar

Adanya peradangan yang menyerang pada usus akan membuat daya tahan tubuh menjadi lemah. Saat mengalami radang usus biasanya akan dilakukan operasi, operasi inilah yang kemudian bisa menciptakan resiko batu ginjal. Ketika gejala radang usus besar sudah mulai menyerang, maka hal yang perlu dilakukan adalah mencegah agar gejala tersebut tidak menyadi penyakit yang mematikan. obat tradisional atasi batu ginjal

17. Minuman beralkohol

Kebiasaan buruk mengkonsumi minuman beralkohol bisamerusak sistem kesehatan, adanya kandungan zat pada minuman beralkohol dapat mengendap pada ginjal yang kemudian akan mengeras dan membuat batu ginjal.

Sekian dari pembahasan kali ini mengenai penyebab batu ginjal pada wanita, hendaknya kita selalu menjaga pola hidup dan menghindari kebiasan buruk yang bisa menciptakan batu ginjal. Ingat lebih baik mencegah daripada mengobati.

Tanda awal terkena gagal ginjal

Tanda-tanda gagal ginjal mirip dengan kondisi umum lainnya, penting untuk memperhatikan dan mencari bantuan medis jika Anda memiliki 2 atau lebih dari gejala berikut.Ginjal memainkan peran penting dalam kesehatan seluruh tubuh.

Ginjal berfungsi mencegah cairan dan limbah terkumpul di dalam darah, menjaga darah tetap bersih untuk mencegah infeksi.Mereka juga bertugas menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh, memproduksi sel darah merah dan mengendalikan tekanan darah.

Karena itu, setiap perubahan dalam kesehatan ginjal menyebabkan gangguan serius yang mengurangi kualitas hidup.Gagal ginjal adalah salah satu penyakit yang paling sering terjadi dan pasien hampir tidak pernah mendeteksinya pada tahap awal.Perlu diingat bahwa deteksi dini adalah kunci untuk pengobatan.

1. Edema atau peradangan

Gagal ginjal dapat menyebabkan retensi cairan di jaringan yang menyebabkan peradangan.Beberapa penyakit yang berbeda dapat menyebabkan gejala yang sama, tetapi dalam banyak kasus ini terkait dengan masalah ginjal.Pembengkakan terjadi pada kaki, pergelangan kaki, wajah, tangan, perut.

2. Kulit berjerawat

Gagal ginjal menyebabkan racun menumpuk di dalam darah yang kemudian diangkut ke kulit.Ini menyebabkan beberapa masalah kulit yang berbeda, seperti jerawat, gatal-gatal, dan rasa gatal yang hebat.Ini bisa dikurangi dengan mengoleskan beberapa jenis krim atau lotion, tetapi paling efektif adalah melalui detoksifikasi ginjal.

3. Perubahan buang air kecil

Perubahan buang air kecil mudah dideteksi dan merupakan tanda paling jelas dari gangguan ginjal.

Perubahan meliputi :

– Tekanan atau kesulitan saat buang air kecil

– Air kencing berdarah

– Warna yang jauh lebih gelap atau dengan bau yang kuat

– Peningkatan atau penurunan jumlah urin

– Air seni berbusa atau berbuih

– Buang air kecil di malam hari meningkat

– Terbakar pada akhir buang air kecil

– Inkontinensia, tidak bisa mengontrol buang air kecil

4. Mudah kelelahan

Salah satu tujuan utama organ ini adalah menghasilkan hormon yang disebut erythropoietin, yang berpartipasi dalam produksi sel darah merah untuk mengangkut oksigen melalui darah.Jika salah satu ginjal Anda gagal, produksi zat ini akan berkurang dan akibatnya Anda akan merasa lelah.Karena itu, Anda dapat mengalami mudah lelah, nyeri otot, dan kesulitan berkonsentrasi.

5. Merasa dingin

Gagal ginjal mengurangi jumlah sel darah merah dan bisa meningkatkan risiko anemia.Seiring dengan jenis reaksi ini, seseorang mungkin kekurangan energi dan merasa sangat dingin yang membuat pasien merasa sakit.Orang yang menderita kondisi ini seringkali menyatakan bahwa pilek tidak hilang bahkan ketika terkena sinar mataha