Obat Penghancur Batu Ginjal Tradisional

 Penyebab , Gejala serta Pengobatan Penyakit Batu Ginjal

Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk secara diam-diam, ketika ukuran batu sudah sangat besar, maka batu mulai merusak jaringan ginjal dan saluran kemih. Batu ginjal terbentuk oleh penumpukan zat kimia kalsium, oksalat dan asam urat.

penyakit batu ginjal

Batu ginjal ini terbentuk akibat kebiasaan sehari-hari, seperti merokok, makan kopi terlalu banyak, jarang minum air putih dan jarang olahraga. Batu ginjal memang tidak berbahaya karena bisa keluar secara alami bersama urin, namun batu ginjal dapat memicu infeksi ginjal bahkan gagal ginjal jika penyakit ini tidak terdeteksi secara dini.obat obat batu ginjal

Nah. karena batu ginjal bisa memicu masalah lain yang lebih serius maka dari itu Anda wajib sekali mengenali gejala penyakit batu ginjal. Nah berikut beberapa gejala batu ginjal yang patut kamu ketahui.

1. Nyeri di area Pinggul

Nyeri akan muncul di area punggung dan kadang menyebar ke area di punggung bawah. Ketika muncul tanda ini, hal ini karena batu ginjal berukuran kecil sudah terbentuk di ginjal Anda. Batu ukuran kecil saja menyebakan rasa nyeri, maka dari itu jangan pernah mengabaikan tanda ini.

2. Urin berwarna merah muda dan keruh

Batu ginjal akan merusak lapisan saluran ginjal dan saluran kemih dan menyebabkan pendarahan, urin yang keluar pun akan berwarna merah muda, pada kasus yang parah dapat disertai rasa nyeri dan kencing berdarah.obat batu ginjal tanpa operasi

3. Sering Buang Air

Salah satu tanda paling awal dan paling umum pada orang yang menderita batu ginjal adalah sering buang air kecil, bahkan jika jumlah air yang Anda minum tidak banyak Anda pun akan tetap buang air. Ini bisa disebabka adanya kebocoran atau Inkontinensia urin biasanya disebabkan oleh batu yang bergerak dari kandung kemih ke uretra.

4. Mual dan Muntah

Mual dan muntah juga umum pada orang dengan batu ginjal. Muntah-muntah dan mual-mual ini disebabkan oleh tubuh berupaya membuang racun dari tubuh ketika ginjal tidak lagi bisa mengeluarkan racun.

5. Bagian Tubuh Membengkak

Pada tahap lebih parah, batu ginjal yang semakin membesar akan memicu bagian tubuh tertentu membengkak akibat cairan tubuh yang menumpuk.

 Jenis Makanan Yang Dapat Memperburuk Penyakit Batu Ginjal

Ginjal merupakan tempat disaringnya racun dan bahan berbahaya lainnya yang masuk dalam tubuh. Ketika makanan yang kamu konsumsi berisi banyak racun, maka racun ini akan mengendap di ginjal dan lama-kelamaan membentuk penyakit batu ginjal. Sayangnya, banyak orang yang tak menyadari gejala penyakit batu ginjal sedari awal. Sehingga batu ginjal membesar dan bertambah parah. Pola makan yang buruk juga semakin membuat penyakit ini menggawat.obat  herbal penghancur batu ginjal

Bayam

Berdasarkan Dr Deepshikha Agarwal, seorang ahli nutrisi dan diet di India, penderita batu ginjal sebaiknya menghindari mengonsumsi bayam. Bayam mengandung oxalate yang bisa mengikat kalsium dan membentuk kristal kalsium oxalate atau batu ketika ginjal memproduksi urine.

Tomat

Tomat juga sayuran yang mengandung banyak oxalate. Tomat biasanya dikonsumsi secara langsung atau terkandung dalam masakan.

Cokelat

Suka cokelat? Jika kamu bermasalah dengan batu ginjal, cokelat adalah pantangan terbesar. Cokelat juga diketahui mengandung oxalate yang bisa membuat keadaan ginjal semakin parah akibat batu ginjal.

Teh

Teh memang merupakan salah satu minuman sehat yang kaya manfaat untuk kesehatan. Namun jika kamu menderita batu ginjal, sebaiknya hindari minum teh. Minum teh akan membuat batu ginjal semakin membesar dan menyebabkan berbagai macam komplikasi.

Makanan laut

Orang yang memiliki batu ginjal sebaiknya berhati-hati saat makan makanan laut. Beberapa makanan laut banyak mengandung zat bernama purines. Purines dalam tubuh bisa meningkatkan produksi asam urat yang pada gilirannya memicu terbentuknya batu asam urat.obat tradisional obat batu ginjal

Makanan asin

Mengonsumsi terlalu banyak saja sudah tak baik untuk kesehatan orang yang normal, apalagi orang yang bermasalah dengan batu ginjal. Sangat penting untuk membatasi konsumsi garam dan makanan asin setiap harinya.

Ini karena garam mengandung sodium yang menyebabkan terlalu banyaknya pengeluaran kalsium pada urine yang diolah oleh ginjal. Dan kelebihan kalsium ini akan mengikat oxalate yang ada dalam makanan untuk kemudian menyebabkan pembentukan batu ginjal. Karena itu, sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung garam.

Selain makanan di atas, juga hindari makanan lain seperti jambu, kacang tanah, ubi jalar, dan buah bit. Gantikan makanan-makanan tersebut dengan makanan dan minuman lain yang lebih sehat seperti air mineral, jus lemon, air kelapa, dan makanan lainnya yang bisa mencegah terbentuknya batu ginjal.

Jenis Batu Ginjal yang Bisa Menyerang

Sebagian besar orang dengan batu ginjal tidak menyadari kondisinya dan baru diketahui setelah muncul gejala yang menyakitkan. Nah, ada 5 jenis batu ginjal yang bisa menyerang sehingga perlu diwaspadai.

Beberapa rekomendasi diet mungkin bisa berlaku untuk 1 atau lebih jenis batu ginjal. Namun yang terutama adalah minum cukup air bisa membantu mencegah semua jenis batu ginjal.

Sebagian besar batu ginjal terdeteksi saat pemeriksaan dan dokter akan mengirim sampel batu ginjal ke laboratorium untuk dianalisis. Setelah diketahui unsurnya, maka dokter bisa mengetahui penyebabnya dan merekomendasikan strategi pencegahan.

1. Batu kalsium oksalat

Jenis batu ini merupakan yang paling umum dan cenderung terbentuk ketika urine bersifat asam dan memiliki pH rendah. Oksalat yang terdapat di dalam urine ini diproduksi oleh tubuh.obat obatan untuk batu ginjal

Kalsium dan oksalat dalam makanan turut berperan, tapi bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi pembentukan batu. Oksalat ditemukan pada sayuran, buah-buahan dan kacang-kcangan, serta kalsium dari tulang juga mungkin memainkan peran dalam pembentukan batu ginjal.

2. Batu kalsium fosfat

Meskipun jenis batu ginjal yang satu ini kurang umum, tapi batu terbentuk ketika urine bersifat basa yang berarti memiliki pH tinggi lebih dari 7.

3. Batu asam urat

Batu ini lebih mungkin terbentuk ketika urine secara terus menerus bersifat asam. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh makanan yang kaya protein hewani dan ditemukannya zat purin. Diketahui purin secara alami ada di dalam semua makanan, tapi yang paling utama ada di jeroan, ikan dan kerang.

4. Batu struvite

Batu ini terbentuk akibat adanya infeksi di ginjal, maka untuk mencegahnya adalah dengan mengobati dan menjaga ginjal bebas dari infeksi. Meski begitu pola makan belum terbukti bisa mempengaruhi pembentukan batu struvite.

5. Batu cystine

Batu ini terbentuk dari hasil kelainan genetik langka yang menyebabkan asam amino cystine (salah satu pembentuk protein) bocor, sehingga masuk ke ginjal dan ke dalam urine sehingga membentuk kirstal.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang terjadi pada ginjal atau saluran kencing dimana biasanya terasa adanya rasa sakit atau nyeri yang terasa dari bagian bawah pinggul hingga perut bagian bawah atau pangkal paha. Penyakit ini biasanya berupa adanya gumpalan yang keras dan membatu pada ginjal atau saluran kencing. Hal ini biasanya terjadi akrena adanya konsentrasi urine yang kemudian ditambah dengan adanya mineral yang menggumap dan adanya asam garam yang membentuk terjadinya batu ginjal.

Banyak sekali penyebab dari terbentuknya batu ginjal ini. Namun, pada umumnya penyebab utamanya berasal dari kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan konsumsi air putih mineral. Disamping itu ada juga faktor keturunan. Namun, faktor yang paling utama tentu saja pada gaya hidup, pola makan, dan juga ada tidaknya kebiasaan buruk yang dilakukan pada keseharian dari orang tersebut. Namun, ada juga penyebab-penyebab lainnya dengan berbagai kondisi yang beragam yang memicu adanya batu ginjal, yakni:

  • Jika asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh memiliki kandungan kalsium yang berlebihan. Ginjal pun dapat menyerap semua kalsium tersebut. Yang menjadi masalah adalah, kalsium berlebih tersebut dapat membentuk adanya batu kalsium fosfat.
  • Telah adanya penyakit ginjal seperti renal tubular acidosis dan beberapa penyakit lain seperti diabetes atau hipertensi ternyata dapat meningkatkan resiko adanya pembentukan batu ginjal.
  • Penyakit asam urat ternyata dapat memicu adanya pembentukan batu ginjal. Hal ini terjadi karena kadar asam urat dalam urine meningkat, yang kemudian membantu pembentukan batu asam urat secara signifikan.
  • Penyakit radang usus besar juga dapat memicu pembentukan batu ginjal
  • Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat kimia dalam waktu yang lama, karena ternyata dapa memicu resiko penyakit batu ginjal. Obat-obat tersebut diantaranya adalah diuretics, antacid berkalsium, indinavir, obat bagi penderita HIV, dan lain-lainnya.

Yuk jaga dan sayangi tubuh kita , Dengan rajin berolahraga , pola makan yang sehat dan teratur , tambahan gizi seimbang , serta istirahat yang cukup , agar terhindar dari penyakit batu ginjal yang dapat menyerang tubuh kita , Sahabat Seaht !

Salah satu alternatif untuk mengobati penyakit Batu Ginjal  adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang bermanfaat membantu pengobatan penyakit anda, kami De Nature Indonesia menyediakan produk obat herbal untuk membantu penderita penyakit Batu Ginjal.