Obat Herbal Batu Ginjal Tanpa Operasi

Penyakit Batu ginjal , Jenis Batu Ginjal , Pencegahannya , serta Makan yang dapat Menyebabkan Timbulnya Batu Ginjal!

Penyakit Batu Ginjal

Apabila batu ginjal muncul di ginjal kita, sudah pasti buang air kecil akan terasa sakit.Batu ginjal terbentuk ketika bahan kimia tertentu cukup terkonsentrasi di urin untuk membentuk kristal.Kristal tumbuh menjadi massa yang lebih besar (batu) yang dapat menembus saluran kemih.obat batu ginjal mujarab

Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal atau yang juga dikenal dengan nama nephrolithiasis ini terbentuk saat mineral dalam ginjal tidak bisa diekskresikan sehingga akhirnya menjadi butiran-butiran yang menyerupai pasir. Entah itu ukurannya kecil atau besar, batu ginjal tetaplah menyakitkan. Meski begitu, tak semua batu ginjal menunjukkan gejala yang sama bergantung dengan mineral yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Jika batu tersangkut di suatu tempat dan menghalangi aliran air kencing, itu menyebabkan rasa sakit.Rupanya ada beberapa kebiasaan yang bisa sebabkan masalah batu ginjal ini.

1. Tidak minum banyak air

Sering malas minum air putih? Hati-hati karena risiko terbenuknya batu ginjal bisa lebih besar.minum air dengan jumlah yang baik bisa mengencerkan zat dalam urin yang mengarah ke pembentukkan batu.Usahakan untuk minum cukup air, minimal 8 gelas sehari.

Untuk lebih memaksimalkan kinerjanya bisa juga menambahkan jeruk atau lemon karena kandungan sitratnya bisa menghalangi pembrntukkan batu.obat batu ginjal manjur

2. Kurang memerhatikan asupan kalsium

Rupanya kurangnya asupan kalium dalam tubuh bisa sangat memengaruhi pembentukan batu ginjal.Terlalu sedikit kalsium dalam menu harian dapat menyebabkan kadar oksalat naik.Mekanisme tersebutlah yang bisa menyebabkan munculnya batu ginjal.Konsumsilah sejumlah kalsium sesuai kebutuhan, tentunya berdasarkan usia.

Laki-laki yang berusia lebih dari 50 sebaiknya mengonsumsi sebesar 1.000 miligram (mg) kalsium per hari.Selain itu perhatikan juga asupan vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

3. Terlalu banyak konsumsi garam

konsumsi tinggi sodium atau garam dapat memicu batu ginjal karena meningkatkan jumlah kalsium dalam urin.Pedoman saat ini menyarankan membatasi total asupan sodium harian menjadi 2.300 mg.

Alangkah baiknya bila konsumsinya bisa ditekan hingga 1.500 mg, khususnya bila seseorang telah memiliki riwayat penyakit ini.Hal ini juga tentu akan berpengaruh pada tekanan darah dan kesehatan hati seseorang.

4. Konsumsi protein hewani berlebihan

Menyukai satai, rendang, opor, atau seafood? Sebaiknya tinjau ulang kembali porsinya ya.Makan terlalu banyak protein hewani, seperti daging merah, unggas, telur, dan makanan laut, diketahui bisa meningkatkan kadar asam urat hingga menyebabkan batu ginjal.

Tentu konsumsi pangan satu ini pun harus bijak karena bisa juga memengaruhi kesehatan organ lainnya seperti jantung.

5. Konsumsi suplemen Vitamin C

Dalam mengonsumsi vitamin C berbentuk suplemen pun hendaknya diperhatikan.Hal ini karena dosisnya yang tinggi bisa berperan terhadap pembentukan batu ginjal, menurut beberapa penelitian.

Konsumsinya yang berlebihan bisa membuat tubuh vitamin C menjadi oksalat sehingga terbentuk batu ginjal ini.obat batu ginjal murah

6. Mengonsumsi beberapa makanan pembentuk lainnya

Hindari makanan pembentuk batu ginjal lainnya sebelum terlambat.Beberapa makanan yang dimaksud yaitu Bit, cokelat, bayam, teh, kacang dan minuman bersoda.

Khusus kacang dan minuman bersoda diketahui kaya oksalat dan fosfat yang berkontribusi menimbulkan batu ginjal.Tentu mengonsumsi makanan tersebut akan baik-baik saja bila tidak berlebihan.

Pencegahan Batu Ginjal yang Bisa Anda Lakukan Mulai Sekarang

Batu ginjal adalah benda keras serupa batu yang seringnya terbuat dari bekuan kalsium. Sakit batu ginjal biasanya ditandai dengan rasa sakit saat buang air kecil atau bahkan kencing berdarah. Batu ginjal bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Namun selalu lebih baik mencegah daripada mengobati. Langkah berikut dapat Anda ikuti untuk mencegah batu ginjal mulai dari hari ini.

Bagaimana cara mencegah batu ginjal?

1. Minum air yang banyak

Minum air setidaknya 8 gelas per hari. Perbanyak asupan air putih Anda jika aktivitas fisik Anda tergolong padat dan sering berkeringat. Rajin minum air dapat menurunkan risiko pembentukan batu ginjal.

Namun, batasi minuman yang mengandung kalori atau pemanis. Kurangi alkohol, kafein, teh, dan minuman bersoda. Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya konsumsi 1 gelas minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan risiko sakit batu ginjal sebanyak 23 persen.

Jika Anda tidak begitu suka minum air putih, Anda dianjurkan mengonsumsi minuman yang kaya sitrat seperti perasan jeruk atau lemon. Tingginya sitrat di dalam minuman akan secara alami membantu mencegah batu ginjal terbentuk.

2. Kurangi asupan garam

Kebanyakan konsumsi (natrium) garam dapat memicu sakit batu ginjal karena meningkatkan jumlah kalsium dalam urin. Batas wajar asupan garam dalam sehari setara dengan 1 sendok teh garam dapur (5 gr garam). Selain dari garam dapur, natrium juga terdapat pada saus sambal dan tomat, kecap, saus tiram, makanan kalengan dan yang berpengawet, dan makanan cepat saji. Baca nilai gizi produk makanan yang akan Anda makan untuk mengetahui berapa jumlah natrium yang terkandung.

3. Batasi asupan protein hewani

Daging dan sumber protein hewani lainnya (seperti telur, jeroan, seafood, dan susu serta produk susu) mengandung purin, yang nantinya akan diubah menjadi asam urat di dalam urin. Asam urat merupakan salah satu bahan pembentuk batu ginjal. Oleh karena itu, kebanyakan konsumsi protein hewani dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal di kemudian hari. Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 170 gram daging per hari untuk mencegah batu ginjal.obat batu ginjal malaysia

4. Membatasi konsumsi oksalat

Mengonsumsi makanan yang memiliki kadar oksalat tinggi dapat meningkatkan jumlah oksalat dalam urin, sehingga berikatan dengan kalsium membentuk batu ginjal.

Beberapa jenis makanan yang harus Anda perhatikan terkait kadar oksalatnya, yaitu:

  • Bayam
  • Okra
  • Buah bit
  • Kiwi
  • Almond
  • Kacang mede
  • Produk kedelai
  • Bekatul dari gandum
  • Kokoa, cokelat
  • Teh
  • Makanan tinggi vitamin C. Konsumsi lebih dari 1000 mg vitamin C per hari dapat meningkatkan kadar oksalat.

Bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali makan makanan di atas. Hanya saja, lebih perhatikan porsi dan seberapa sering Anda memakannya.

5. Menjaga berat badan

Memiliki berat badan berlebih berkaitan terhadap perkembangan sakit batu ginjal. Hal ini dapat menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan jumlah kalsium dalam urin sehingga berisiko lebih besar mengalami batu ginjal. pH urin cenderung lebih asam pada orang yang memiliki berat badan lebih sehingga juga meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal.

 

Tumbuhnya batu di dalam organ tubuh bisa menjadi pemikiran yang menakutkan. Terutama di organ vital seperti ginjal.

Jenis Batu Ginjal

Batu kalsium oksalat

Batu jenis ini terbentuk saat kalsium dalam urin bercampur dengan asam oksalat. Oksalat yang merupakan salah satu senyawa alami dalam makanan ini bisa mengkristal bila tidak ada cukup air dalam tubuh untuk menguraikannya.

Kehadiran batu kalsium oksalat dalam tubuh bisa menjadi indikasi masalah kelenjar paratiroid. Ketika kelenjar ini bermasalah maka akan menyebabkan kalsium berlebihan dalam urin yang menyebabkan batu ginjal.obat batu ginjal paling mujrab

Batu asam urat

Batu ginjal jenis ini terbentuk saat air kencing menjadi terlalu asam. Biasanya hal tersebut terjadi ketika kamu mengonsumsi makanan tinggi purin seperti daging jeroan, makanan laut, atau minuman bersoda.