Obat Alami Sakit Asam Urat Akut

Cara Mengobati dan Menormalkan Asam Urat dengan Bahan Alami


Penyakit Asam Urat

 

Pernah merasa nyeri yang amat sangat di daerah persendian?
Bisa jadi, penyebabnya adalah peningkatan kadar asam urat dalam darah yang melebihi batasnya. Asam urat merupakan hasil metabolisme purin. Purin juga terdapat dalam makanan yang biasa kita konsumsi. Konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. jual obat asam urat 
Biasanya rasa sakit akibat asam urat akan muncul selama tiga sampai sepuluh hari, dengan puncak rasa sakit mulai dari enam hingga dua puluh empat setelah asam urat mulai kambuh. Setelah tiga hingga sepuluh hari kemudian, rasa sakit akibat asam urat ini biasanya akan hilang dengan sendirinya, bahkan terasa seperti biasa.
Kendati terlihat sembuh, namun penyakit asam urat bisa kambuh kapan saja tanpa ada patokan pasti.
Nah, artikel ini membahas persoalan yang perlu agan ketahui mengenai asam urat, penyebab, dan penanganannya. Artikel ini dilengkapi juga dengan mitos-mitos yang banyak beredar di masyarakat tentang asam urat, tips praktis, dan resep makanan serta terapi herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat.
Penyebab Asam Urat Dalam Tubuh: 
Di dalam tubuh kita terdapat suatu zat yang bernama purin. Zat ini berfungsi untuk melumasi setiap persendian yang ada di dalam tubuh kita.  Akan tetapi, jika kadar purin di sekitar persendian berlebih, justru malah akan berdampak buruk bagi kesehatan.
Zat purin yang menumpuk akan membentuk kristal asam urat. Rasa nyeri yang selama ini dialami oleh penderita asam urat, disebabkan oleh tusukan-tusukan krital asam urat tersebut. Rasa sakit dan nyeri pada sendi, bahkan bisa hingga membengkak dan meradang.  obat mujarab penyakit asam urat 
Ginjal yang bertugas mengeluarkan zat purin ini dari tubuh juga akan kesulitan jika jumlahnya terlalu banyak. Pada kasus yang lebih parah, malah bisa berkembang menjadi penyakit batu ginjal, yang akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal.
Ada beberapa faktor zat purin seseorang meningkat sehingga terkena asam urat, antara lain:
  1. Kelebihan berat badan (obesitas)
  2. Umur dan jenis kelamin: biasanya menyerang para lansia dan berjenis kelamin pria.
  3. Seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Misalnya seperti otak, hati, ginjal, kaldu, jantung, ikan makarel, ikan sarden, dan masih banyak lagi.
  4. Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol
  5. Memiliki riwayat penyakit hipertensi dan diabetes
  6. Memiliki masalah pada bagian ginjal yang menganggu proses pembuangan asam urat dari dalam tubuh
  7. Berasal dari keluarga yang menderita penyakit asam urat

 

Mendeteksi Gejala Penyakit Asam Urat Sejak Dini: 

 

Untuk mengetahui penyakit asam urat ini, penderitanya harus melakukan pemeriksaan di laboratorium. Biasanya, kadar asam urat yang normal pada pria adalah sekitar 3,5-7 mg/dl, dan 2,6-6 mg/dl pada wanita.
Selain itu, penyakit asam urat juga ditandai dengan gejala seperti rasa nyeri pada sendi jari kaki, lutut, tumit, siku, serta jari dan pergelangan tangan, yang terjadi berulang-ulang kali pada malam atau pagi hari setelah bangun tidur.
Penanganan penyakit asam urat dapat dilakukan melalui dua sasaran utama, yaitu meringankan gejala dan mencegahnya kambuh kembali.  obat menghilangkan penyakit asam urat 
Dalam meringankan gejala asam urat yang muncul, agan bisa menggunakan es batu dengan cara menempelkan pada bagian sendi yang sakit. Selain itu agan juga bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti obat herbal asam urat.
Sedangkan untuk mencegah timbulnya penyakit asam urat kembali,agan bisa memperbaiki pola hidup sehat seperti :
1. Pembatasan Purin 
Apabila telah terjadi pembengkakan sendi maka penderita gangguan asam urat harus melakukan diet bebas purin. Namun karena hampir semua sumber protein mengandung nukleoprotein maka hal ini hampir tidak mungkin dilakukan.
Maka yang harus dilakukan adalah membatasi asupan purin menjadi 100-150 mg purin per hari (diet normal biasanya mengandung 600-1.000 mg purin per hari).
Makan-makanan yang mengandung purin antara lain; jeroan (jantung, hati, lidah ginjal, usus), sarden, kerang, ikan herring, kacang-kacangan, bayam, udang, daun melinjo, dan sebagainya.
2. Kalori Sesuai Kebutuhan
Jumlah asupan kalori harus benar disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan pada tinggi dan berat badan. Penderita gangguan asam urat yang kelebihan berat badan, berat badannya harus diturunkan dengan tetap memperhatikan jumlah konsumsi kalori.
Asupan kalori yang terlalu sedikit juga bisa meningkatkan kadar asam urat karena adanya badan keton yang akan mengurangi pengeluaran asam urat melalui urin.
3. Tinggi Karbohidrat
Karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi sangat baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam urat karena akan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin. Konsumsi karbohidrat kompleks ini sebaiknya tidak kurang dari 100 gram per hari.  jual obat asam urat di kota medan 
Karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirop sebaiknya dihindari karena fruktosa akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
4. Rendah Protein
Protein terutama yang berasal dari hewan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Sumber makanan yang mengandung protein hewani dalam jumlah yang tinggi, misalnya hati, ginjal, otak, paru dan limpa.
Asupan protein yang dianjurkan bagi penderita gangguan asam urat adalah sebesar 50-70 gram/hari atau 0,8-1 gram/kg berat badan/hari. Sumber protein yang disarankan adalah protein nabati yang berasal dari susu, keju dan telur.
5. Rendah Lemak
Lemak dapat menghambat ekskresi asam urat melalui urin. Makanan yang digoreng, bersantan, serta margarine dan mentega sebaiknya dihindari. Konsumsi lemak sebaiknya sebanyak 15 persen dari total kalori.
6. Tinggi Cairan
Konsumsi cairan yang tinggi dapat membantu membuang asam urat melalui urin. Karena itu, agan disarankan untuk menghabiskan minum minimal sebanyak 2,5 liter atau 10 gelas sehari.
Air minum ini bisa berupa air putih masak, teh, atau k