Obat Menghilangkan Penyakit Asam Urat Akut

Penyakit Asam Urat​ Penyebab dan Faktor Risikonya

Penyakit Asam Urat
Penyakit asam urat adalah sejenis artritis yang paling umum dan bisa sangat menyakitkan. Penyakit asam urat adalah gangguan pada metabolisme asam urat. Penyakit itu juga merupakan gangguan yang penyebabnya sangat jelas​ penumpukan kristal asam urat dalam cairan sinovial di sendi, khususnya pada jempol kaki. obat herbal untuk penyakit asam urat 
Asam urat adalah produk buangan yang bersirkulasi dalam darah, dan merupakan hasil penguraian zat purin. Sewaktu asam urat menumpuk, biasanya karena pembuangan air seni yang tidak lancar, terbentuklah kristal seperti jarum di bagian persendian jempol kaki, meskipun itu bisa juga menyerang sendi lainnya. Sendi itu bisa meradang dan membengkak, panas kalau disentuh, dan teramat sangat menyakitkan. Disentuh sedikit saja rasanya seperti ditusuk-tusuk, tak tertahankan.
Jika tidak ditangani, serangan penyakit asam urat biasanya terjadi selama kira-kira satu minggu. Serangan berikutnya mungkin baru terjadi berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian. Jika penyakit asam urat tidak ditangani dengan baik, serangan itu akan makin sering terjadi, dan bisa menjadi lebih parah dan merusak sendi secara permanen. Kadang, penyakit asam urat bisa berkembang menjadi kondisi kronis (jangka panjang).
Faktor Risiko Yang Menimbulkan Kekambuhan
Faktor risiko utamanya adalah usia, gender, dan gen. Menurut beberapa pakar, lebih dari 50 persen penderita memiliki keluarga dengan riwayat penyakit itu. Ayah dan kakek saya punya penyakit asam urat. Penyakit ini juga lebih sering menyerang pria, khususnya yang berusia 40 sampai 50 tahun. Malah, pria memiliki kemungkinan tiga atau empat kali lebih besar terkena penyakit ini dibanding wanita. Sebelum menopause, jarang ada wanita yang terkena penyakit asam urat. penyakit asam urat dan obat herbal 
Obesitas dan pola makan: Pengaturan pola makan untuk mengatasi penyakit asam urat tampaknya tidak lagi berfokus pada pantangan terhadap makanan dengan kandungan purin yang tinggi, tetapi pada penanganan gangguan metabolisme yang umumnya dikaitkan dengan penyakit asam urat: obesitas, sindrom resistansi insulin, dan dislipidemia,” yaitu kelainan jumlah lipid pada darah, misalnya kolesterol.
Namun, beberapa pakar juga menyarankan agar makanan dengan kandungan purin yang tinggi, seperti ragi, beberapa jenis ikan, dan berbagai jenis daging merah, dikurangi.
Minuman: Konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan bisa menghambat pembuangan asam urat, sehingga terjadi penumpukan.
Penyakit asam urat bisa dipicu oleh beberapa problem kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi yang tidak diobati (hipertensi) dan kondisi kronis seperti diabetes, kadar lemak dan kolesterol yang tinggi dalam darah (hiperlipidemia), dan penyempitan arteri (arteriosklerosis). Penyakit asam urat juga dikaitkan dengan penyakit atau cedera yang tiba-tiba atau parah, dan kurangnya gerak karena terlalu lama terbaring, juga penyakit ginjal. Penyakit asam urat paling sering menyerang jempol kaki karena pada bagian ini sirkulasi darahnya kurang dan suhunya lebih rendah​ dua kondisi yang bisa menyebabkan penumpukan asam urat.
Lima Kunci Untuk Mengurangi Kekambuhan
Karena penyakit asam urat biasanya dikaitkan dengan gaya hidup, saran-saran berikut ini mungkin bisa membantu penderitanya mengurangi risiko kekambuhan. obat sakit asam urat herbal 
1. Karena penyakit asam urat adalah gangguan metabolisme, penderitanya harus berupaya menjaga berat badan yang sehat dengan membatasi asupan kalori. Selain itu, beban yang berlebihan dapat menekan sendi-sendi yang menyangga berat tubuh.
2. Waspadai diet ketat, yang bisa untuk sementara waktu menaikkan kadar asam urat dalam darah.
3. Jangan mengonsumsi terlalu banyak protein hewani. Ada yang menyarankan untuk membatasi konsumsi daging tak berlemak, termasuk unggas dan ikan, tidak lebih dari 170 gram per hari.
4. Jika Anda minum minuman beralkohol, lakukanlah dengan bersahaja. Jika Anda terkena penyakit asam urat, lebih baik jangan minum minuman beralkohol sama sekali.
5. Minumlah banyak cairan nonalkohol. Ini akan membuat asam urat lebih encer sehingga bisa dikeluarkan dari dalam tubuh.
 
9 Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Penderita Asam Urat
Rasa nyeri yang terdapat di bagian persendian ada kalanya disebabkan karena benturan benda keras, tapi kebanyakan rasa nyeri pada sendi disebabkan karena penyakit asam urat. Kandungan purin yang menumpuk menyebabkan otot menjadi kaku dan pegal, sehingga sering menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan.
Penyakit asam urat timbul karena asupan makanan yang salah. Jika asupan makanan tidak dijaga, penderita asam urat akan mengalami gangguan ginjal yang dapat berujung pada kematian. Sebelum berakibat fatal, ubah asupan makanan dengan menghindari jenis makanan berikut.
1. Daging
Siapapun rasanya tidak bisa menahan selera kalau disuguhkan dengan hidangan daging lezat. Tapi, kamu harus tahu kalau penderita asam urat tidak boleh makan daging karena daging mengandung purin dan kolesterol yang tinggi. Kalau ingin makan daging, sebaiknya batasi tingkat konsumsi dan buanglah lemak yang menempel pada daging tersebut. Daging juga tidak boleh dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang, melainkan harus direbus. obat obatan herbal untuk penyakit asam urat 
 
2. Durian
Bau buah durian memang sangat menggiurkan, tapi kandungan kolesterol yang terlalu tinggi membuat penderita asam urat berpikir tujuh kali saat ingin memakannya. Selain kolesterol, durian juga mengandung ethanol, ethyl, dan senyawa sulfur yang sangat berbahaya bagi tubuh. Kalau ingin makan durian, makanlah satu atau dua biji saja. Lalu, minum air putih yang banyak agar lemak yang terdapat pada durian bisa dinetralisir dan dibuang melalui urin.
 
3. Sayur Bayam
Sayur bayam sangat bagus untuk membantu pertumbuhan tulang pada anak-anak. Tapi, sayur bayam tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sayur bayam terkenal memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga dipercaya dapat meni