Penyakit Asam Urat dan Obat Tradisionalnya

Penyebab Asam Urat dan Cara mengobatinya

 
 Penyakit Asam Urat
 
Penyebab Penyakit Asam Urat
Purin adalah zat yang secara alami dihasilkan tubuh, tapi juga terdapat di beberapa jenis makanan. Untuk mengurai zat purin, tubuh akan secara alami menghasilkan asam urat. Sebagian besar asam urat dibuang melalui urine, dan sebagian lainnya dibuang melalui feses. obat sakit asam urat dan kolesterol 
Pada penderita penyakit asam urat, kadar asam urat dalam tubuh melebihi batas normal. Kondisi ini bisa terjadi bila tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat, atau tubuh sulit membuang kelebihan asam urat.
Bila berlangsung dalam waktu lama, asam urat yang menumpuk dalam tubuh dapat membentuk semacam kristal tajam di sendi, sehingga menimbulkan nyeri, radang, bahkan pembengkakan.
 
Faktor Risiko Penyakit Asam Urat
 
Penyakit asam urat lebih sering menimpa pria, terutama dalam rentang usia 30-50. Meski demikian, wanita juga dapat mengalami penyakit ini, terutama setelah masa menopause. obat sakit asam urat di kaki 
 
Beberapa faktor lain yang dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam darah adalah:
  • Memiliki keluarga yang juga menderita penyakit asam urat.
  • Baru saja mengalami cedera atau menjalani operasi.
  • Mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis hidangan laut (misalnya teri, sarden, kerang, atau tuna).
  • Mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.
  • Memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.

Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya dengan Mudah dan Alami

 
Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya
Asam urat pada dasarnya penyakit ini adalah penumpukan kadar asam urat yang akhirnya membentuk kristal monosodium urat yang akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan gangguan peradangan pada area persendian. Semua sendi di tubuh bisa terdampak asam urat, tapi biasanya yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, jari kaki, lutut, dan pergelangan kaki.
Pada kondisi normal, kadar asam urat ini biasanya larut dalam darah dan dibuang lewat urin. Nah ketika jumlahnya tinggi, tubuh akan menumpuknya dalam bentuk kristal yang akhirnya jadi penyebab asam urat. obat tradisional penyakit asam urat dan kolesterol 
Berikut deretan penyebab asam urat:
 
1. Makanan dan minuman
Penyebab asam urat yang pertama adalah konsumsi makanan yang memiliki kadar purin tinggi seperti jeroan (hati, ampela, paru, usus), makanan laut (kepiting, kerang, udang, cumi) dan daging merah. Selain jenis makanan tersebut, minuman manis dan alkohol juga dapat menyebabkan peningkatan asam urat.
2. Kelebihan berat badan
Penyebab asam urat yang ketiga adalah kelebihan berat badan. Hal ini bisa membuat tubuh memproduksi lebih banyak asam urat, sehingga kadarnya dapat melonjak di dalam tubuh. Kondisi ini akan membuat ginjal kesulitan untuk membuang asam urat dari tubuh.
3. Riwayat keluarga
Penyebab asam urat yang terakhir adalah keturunan. Jika ada salah satu atau beberapa anggota keluarga memiliki masalah asam urat, maka risiko Anda mengalami masalah yang sama pun dapat meningkat. cara mengobati penyakit asam urat dengan obat tradisional 
Makanan Penyebab Asam Urat
Meskipun ada beberapa penyebab asam urat, namun tak bisa dipungkiri kalau makanan adalah penyebab asam urat paling utama. Hal ini bisa dijelaskan melalui sebuah siklus antara zat purin dan asam urat alami yang dihasilkan tubuh.
Asam urat sebenarnya bukanlah penyakit. Asam urat adalah mekanisme alami yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengurai zat purin yang memang ada di hampir setiap makanan. Masalahnya, terdapat makanan yang kandungan purinnya tinggi. Jika makanan ini dikonsumsi, tubuh akan menghasilkan asam urat secara berlebihan. Hal ini yang memicu penyakit asam urat muncul.
Jadi, makanan penyebab asam urat sejatinya merupakan makanan yang tinggi purin. Berikut klasifikasinya.
 
Makanan penyebab asam urat dengan kandungan purin tinggi:
  • Jerohan (otak, hati, usus, limpa, dll)
  • Ekstrak daging atau kaldu daging
  • Daging bebek
  • Ikan sarden
  • Ikan Makarel
  • Kerang

Makanan penyebab asam urat dengan kandungan purin sedang:

Salah satu alternatif untuk mengobati penyakit asam urat adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang bermanfaat membantu pengobatan penyakit anda, kami De Nature Indonesia menyediakan produk obat herbal untuk membantu penderita penyakit asam urat.