Obat Sakit Asam Urat Kaki Bengkak

Beragam Penyebab Asam Urat dan Langkah-Langkah Mengobatinya

Penyakit Asam Urat

 

Pernah merasakan sakit pada pergelangan kaki atau tangan? 
Penyebabnya sangat beragam, salah satunya asam urat. Biasanya kondisi ini terjadi ketika kadar purin di dalam tubuh menjadi sangat tinggi sehingga tubuh bereaksi dengan menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu. Bila Anda sering memiliki asam urat pada kaki atau bagian tubuh lainnya, pertimbangkan untuk mempelajari penyebab asam urat dan cara mengobatinya berikut ini. obat penyakit asam urat secara alami 
Apa itu penyakit asam urat?
Penyakit asam urat adalah bentuk arthritis (peradangan pada sendi) yang dikenal masyarakat dengan istilah encok. Kondisi ini sangat menyakitkan karena terlalu banyak kadar purin di dalam tubuh. Purin adalah protein yang ada diproduksi di dalam tubuh dan juga terkandung pada banyak makanan. Semakin banyak makan makanan yang mengandung purin, semakin besar juga tubuh memproduksi asam urat atau uric acid.
Nah, kadar purin yang tinggi ini akan mengalir di dalam darah dan akhirnya mengubah asam urat menjadi kristal. Semakin lama, kristal akan menumpuk di sekitar sendi dan jaringan lunak tubuh lainnya. Akibatnya, sendi dan otot akan terasa linu serta nyeri. Seperti inilah proses terjadinya asam urat pada tubuh Anda.
Namun, jangan khawatir, kondisi ini bisa hilang dalam satu atau dua hari. Purin yang berlebih akan dibersihkan dari darah oleh ginjal dan dibuang dari dalam tubuh bersama dengan urine. Namun, kadar asam urat juga bisa terus menumpuk di dalam tubuh, saat ginjal terlalu sedikit membuang asam atau bila terus tubuh memproduksinya dalam jumlah banyak. obat penyakit asam urat alami
Penyakit ini umum terjadi, terutama pada orang dewasa yang berusia sekitar 40 sampai 50 tahun. Namun, orang berusia sekitar 20 tahun atau lebih dilaporkan juga bisa memiliki kondisi ini.
 
Tahapan-tahapan penyakit asam urat
Ada empat tahapan penyakit asam urat yang perlu Anda ketahui, yaitu:
 
Hiperurisemia asimptomatik. Kondisi ini menandakan terlalu banyak kadar asam urat di dalam darah. Meskipun begitu, kondisi ini tidak menimbulkan gejala asam urat apa pun.
 
Penyakit asam urat akut. Kondisi ini menandakan hiperurisemia asimptomatik yang tidak ditangani  sehingga akan membentuk kristal yang menumpuk pada sendi. Anda mungkin akan merasakan gejala nyeri selama 3 sampai 10 hari.
 
Penyakit asam urat interval. Kondisi ini disebut juga dengan asam urat interkis, yang rasa sakitnya akan terjadi secara tiba-tiba. Anda akan merasa sehat, tapi nanti tiba-tiba muncul sakitnya. obat penyakit asam urat dan kolesterol 
Chronic tophaceous gout. Kondisi ini terjadi akibat penyakit asam urat yang tidak diobati, kurang lebih butuh waktu 10 tahun untuk berkembang. Pada tahap ini, bukan hanya rasa sakit, nodula juga akan terbentuk, Nodula adalah pembengkakan disertai kemerahan pada kulit dan jaringan lunak lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada sendi.
Tanda dan gejala asam urat yang umum terjadi
Sama seperti penyakit lainnya, tidak semua orang akan merasakan gejala asam urat yang sama. Namun, gejala asam urat yang umumnya sering terjadi, meliputi:
Nyeri sendi mendadak
Pembengkakan pada sendi (efusi sendi)
Kesulitan untuk melakukan kegiatan karena gerakan terbatas
Area yang nyeri dan membengkak akan terasa panas
Kemerahan pada kulit di sekitar sendi
Muncul nodul (pembengkakan parah yang memerah di kulit)
Biasanya gejala asam urat hanya memengaruhi satu sendi, misalnya asam urat pada kaki. Rasa sakit yang semakin parah menandakan bahwa peradangan pada sendi juga semakin memburuk.
Area yang paling sering mengalami rasa sendi adalah jempol kaki dan dikenal dengan istilah podagra (peradangan pangkal ibu jari kaki). Banyak orang yang merasakan asam urat pada kaki atau tangan, namun kondisi ini sebenarnya bisa terjadi hampir di semua sendi yang ada pada tubuh. obat penyakit asam urat yang mujarab 
 
Berbagai penyebab asam urat yang perlu Anda ketahui
1. Makanan dan minuman
 
Penyebab asam urat yang paling umum berasal dari makanan atau minuman. Sebab banyak makanan atau minuman yang mengandung purin tinggi sehingga produksi uric acid akan jadi lebih banyak untuk menyimbangkan kedua zat tersebut. Berikut berbagai makanan yang bisa jadi penyebab asam urat:
2. Alkohol
 
Orang yang sering minum alkohol memiliki risiko terkena asam urat lebih tinggi. Itulah sebabnya, dokter akan melarang Anda minum alkohol bila Anda memiliki kondisi ini. Alkohol tidak hanya memicu produksi asam urat lebih banyak, tapi juga membuat ginjal harus bekerja ekstra keras untuk membuang asam tersebut.
 
3. Minuman bersoda
 
Minum minuman bersoda memang sangat menyegarkan. Namun, jangan salah, terlalu banyak minum minuman ini bisa jadi penyebab asam urat. Minuman bersoda cenderung mengandung gula tambahan yang bisa memicu produksi asam urat lebih banyak. Jika terus terjadi, asam urat bisa menumpuk, mengkristal, dan menyebabkan peradangan pada sendi.
 
4. Sayuran hijau tertentu
 
Makan sayur itu sehat. Sayangnya, bagi orang dengan asam urat, beberapa sayuran bisa jadi penyebab asam urat kambuh. Untuk itu, mereka perlu menghindari beberapa sayuran tertentu.
Sayuran seperti kembang kol, bayam, dan jamur memiliki kandungan purin yang lebih tinggi dibanding sayuran lainnya. Walaupun risikonya tidak sebanding dengan daging merah, Anda tetap harus memperhatikan seberapa banyak Anda mengonsumsi sayuran ini.
 
5. Daging hewan dan makanan laut
 
Dibanding sayuran, protein yang paling lengkap terdapat pada daging. Baik itu daging putih, seperti daging ayam atau ikan, maupun daging merah, seperti daging sapi. Akan tetapi, faktanya terlalu banyak mengonsumsi daging dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya penyebab asam urat.
Cukup konsumsi maksimal 6 ons daging per hari, dengan batas 3 ons per porsi makanan. Selain itu, makanan laut seperti kerang, kepiting, udang, dan lobster juga mengandung purin yang tinggi. Jika dikonsumsi sembarangan, risiko penyakit asam urat jadi lebih besar. obat penyakit asam urat tradisional 
Siapa saja yang berisiko kena penyakit asam urat?
Penyakit asam urat bisa terjadi pada siapa saja. Namun, risiko terkena penyakit ini jauh lebih besar pada orang-orang dengan kondisi seperti berikut:
Sudah berusia 40 sampai 50 tahun
Laki-laki cenderung lebih mungkin terkena penyakit ini dibanding wanita
Wanita pascamenopause memiliki risiko lebih tinggi
Memiliki anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit ini
Memiliki gaya hidup yang tidak sehat; kelebihan berat badan, sering minum alkohol, atau suka makanan berlemak
Memiliki masalah kesehatan yang meneyebabkan kadar purin cenderung tinggi
Pernah mengalami cedera atau operasi pada sendi
Apa saja komplikasi penyakit asam urat?
Selain rasa sakit yang membuat Anda sulit untuk bergerak, penyakit asam urat juga menyebabkan komplikasi, seperti:
Asam urat terus kambuh. Beberapa orang mungkin pernah mengalami kondisi ini dan sembuh tanpa kekambuhan. Terutama jika mereka menerapkan gaya hidup sehat dan menjauhi pantangan. Namun, ada juga yang asam urat yang kambuh dan gejalanya bertambah parah.
Asam urat kronis. Menyepelekan gejala serta melanggar pantangan bisa membuat asam urat menjadi semakin parah. Bahkan, menimbulkan nodul yang lambat laun akan merusak sendi.