Obat Alami Eksim Kronis

Obat Alami Eksim KronisĀ – Sudahkah anda mengobati gatal eksim yang anda derita, jangan sampai menunda nunda pengobatan eksim. Karena gatal eksim bisa semakin parah apabila tidak segera ditangani serta bisa menyebabkan infeksi kulit yang lebih parah. Apakah anda sudah tahu apa itu gatal eksim, dan bagaimana cara menanganinya. Untuk anda yang belum mengetahuinya mari simak bersama-sama artikel berikut ini dari awal hingga akhir.

Eksim adalah sebuah kelainan kulit yang gejala utamanya berupa ruam merah serta gatal yang bisa muncul di kulit seluruh tubuh. Biasanya, eksim menyerang orang-orang yang punya kulit kering dan sensitif. Pada beberapa kasus yang sudah parah eksimnya, kondisi kulit bisa terlihat seperti melepuh dan retak-retak. Bayi atau anak kecil, biasanya mudah terserang eksim, terutama di bagian pipi, dagu, bahkan di sekitar kulit kepala. Sedangkan orang dewasa, biasanya akan terserang eksim di bagian pergelangan tangan, leher, dan area punuk belakang leher.

Perlu diketahui bahwa eksim memiliki beberapa jenis berikut ini adalah macam-macam jenis eksim yang perlu anda ketahui diantaranya adalah

  • Dermatitis atopik

Dermatitis atopik adalah jenis eksim yang paling umum. Kondisi eksim ini biasanya terjadi pada masa kanak-kanak, dan sering kali akan membaik seiring tumbuh kembang atau setelah dewasa.

Dermatitis atopik menyebabkan kulit gatal-gatal, kering, dan pecah-pecah. Peradangan kulit ini biasanya muncul pada tangan, kaki, pergelangan kaki dan tangan, leher, dada bagian atas, lipatan mata, bagian dalam sikut dan lutut. Ketika digaruk, kulit menjadi lecet dan membengkak. Ini yang mungkin sering dianggap sebagai eksim kering oleh kebanyakan orang Indonesia.

Orang-orang yang punya riwayat alergi lebih rentan memiliki eksim atopik, seperti orang dengan alergi makanan atau asma. Alergi adalah penyebab utama eksim pada anak-anak kecil. Ada juga beberapa pemicu yang diketahui dapat menyebabkan eksim atopik, seperti sabun, deterjen, stres, kelembapan rendah, alergi musiman, serta cuaca yang dingin

  • Dermatitis kontak iritan

Dermatitis kontak iritan terjadi saat kulit mengalami kontak dengan bahan iritan, seperti kandungan asam, cairan pemutih, cairan pembersih, kerosene, dan deterjen. Eksim jenis ini sering menyerang para pekerja industri, terutama mereka yang bekerja di industri pertambangan, sumber daya alam, manufaktur, dan pelayanan medis.

Gejala yang lebih sering ditimbulkan oleh dermatitis kontak iritan adalah kulit yang terasa perih, panas, dan gatal. Sering tampak sebagai kulit kering atau kulit yang retak, ini mengapa banyak orang yang sering menyebut ini sebagai eksim kering. Pada beberapa kasus, dermatitis kontak iritan dapat menyebabkan bintil lepuhan yang bisa pecah terbuka menyebabkan kerak sehingga sering disebut sebagai eksim basah.

  • Dermatitis kontak alergi

Dermatitis kontak alergi terjadi saat kulit mengalami reaksi alergi setelah kontak dengan zat asing sehingga menyebabkan gatal dan iritasi. Penyebab umum dermatitis kontak alergi meliputi emas/nikel atau bahan metal lainnya, zat pewangi, sarung tangan lateks, bahan kosmetik, hingga tumbuhan poison oak atau poison ivy.

Pada dermatitis kontak alergi, ruam kulit dapat muncul pada area yang tersentuh zat dalam 24 sampai 48 jam. Gejala utama adalah kulit kering, memerah, melepuh, hingga pembengkakan pada mata, muka, atau selangkangan. Kemungkinan besar, eksim inilah yang juga dapat disebut dengan eksim kering.

  • Eksim Dyshidriotic

Eksim dishidrotik atau dishidrosis adalah kondisi peradangan kulit yang ditandai dengan kemunculan bintil-bintil kecil yang berisi cairan dan terasa gatal pada permukaan kulit telapak tangan dan/atau telapak kaki serta di sela-sela jari.

Lepuhan ini dapat terus muncul dan berlangsung sekitar 3 minggu. Bintil-bintil berisi cairan ini sering dikira sebagai eksim basah. Saat lepuhan mengering, kulit akan menjadi pecah-pecah yang terasa sakit. Jika Anda menggaruk area tersebut, Anda juga akan merasa kulit terasa lebih tebal dan kenyal. Ini yang disebut sebagai eksim kering.

Kondisi ini lebih umum terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Eksim dishidrosis bisa disebabkan oleh paparan kromium (umumnya terdapat pada garam), alergi, tangan/kaki yang lembap, dan stres.

  • Eksim numular

Jenis eksim nummular umumnya menimbulkan lepuhan bentuk bulat di tubuh. Dalam bahasa latin, nummular juga punya arti sebagai koin. Eksim nummular dapat dipicu oleh reaksi terhadap gigitan serangga atau oleh reaksi alergi terhadap logam dan bahan kimia. Kulit kering juga bisa menyebabkan eksim ini terjadi.

  • Eksim statis

Eksim jenis statis merupakan eksim yang terjadi saat cairan bocor keluar dari pembuluh darah vena dan masuk ke dalam kulit Anda. Hal ini biasanya disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah (varises). Cairan yang bocor ini bisa menyebabkan pembengkakan, kemerahan, gatal, dan nyeri pada kulit. Inilah yang mungkin disebut dengan eksim basah oleh kebanyakan orang Indonesia.

  • Neurodermatitis

Neurodermatitis mirip dengan eksim dermatitis atopik. Kondisi ini menyebabkan adanya bercak tebal dan bersisik yang muncul di kulit Anda. Eksim ini biasanya sering dialami pada orang yang memiliki jenis eksim atau psoriasis lainnya. Masih belum diketahui apa yang menyebabkan neurodermatitis, meskipun beberapa dokter menduga stress bisa menjad salah satu pemicunya.

Obat Gatal Eksim Yang Mudah Dan Murah

Bagi anda yang masih bingung mencari obat eksim yang murah serta mudah didapatkan, berikut ini adalah obat herbal alami yang ada disekitar kita yang dijamin aman tanpa efek samping seperti

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa, bisa menjadi salah satu bahan obat eksim alami, yang bahannya mudah ditemukan di rumah atau warung-warung. Minyak kelapa, memiliki khasiat anti jamur, anti bakteri, antimikroba dan antioksidan. Selain itu, minyak kelapa mengandung nutrisi seperti asam laurat, vitamin K dan E, yang