Obat Gatal Nanah Tradisional

OBAT GATAL NANAH TRADISIONAL – Semua orang pasti sudah pernah merasakan yang namanya gatal kulit, gatal dapat terjadi karena banyak faktor. Seperti contohnya karena alergi, iritasi, peradangan, gigitan serangga, faktor lingkungan, perubahan suhu secara tiba-tiba serta masih banyak lagi yang lainnya. Gejala yang ditimbulkan berbeda-beda, ini tergantung tingkat keparahan dari penderita itu sendiri. Akan tetapi gejala yang paling umum muncul berupa bercak/ruam kemerahan, kering, kasar, melepuh, bintik-bintik, benjolan, kering, kasar dan terasa sangat gatal. Memang gatal bukanlah penyakit yang berbahaya, akan tetapi anda juga jangan sampai meremehkan penyakit yang satu ini. Karena gatal yang dibiarkan begitu saja bisa menjadi semakin parah dan akan lebih sulit untuk diobati. Gatal bisa dirasakan oleh sispapun, baik itu anak-anak maupun orang dewasa bisa merasakan yang namanya gatal kulit.


Gejala yang ditimbulkan memang sangat mengganggu serta bisa membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri dalam melakukan aktivitas baik itu pekerjaan maupun aktivitas biasa. Sangat dianjurkan untuk melakukan pengobatan secepatnya, apabila ingin menghilangkan rasa gatal tanpa menggunakan obat kimia ada sejumlah rekomendasi obat gatal tradisional sederhana dan ampuh yang bisa dicoba. Karena namanya adalah obat tradisional, maka sudah jelas lebih aman dengan risiko efek samping lebih kecil dan tak begitu berbahaya. Dibandingkan dengan obat kimia, penyembuhan oleh obat tradisional ini memang lebih lama, tapi jelas lebih aman. Berikut ini adalah obat herbal yang dapat anda gunakan untuk mengobati penyakit gatal kulit yang anda derita, diantaranya adalah

  • Jahe

Meski ada efek samping jahe, rempah satu ini adalah rempah yang efektif digunakan sebagai obat beragam kondisi kesehatan. Selain menjadi obat bagi penderita batuk, sakit tenggorokan dan perut kembung, jahe juga sangat efektif untuk menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. Ambil 30 gram rimpang jahe yang kemudian bisa Anda cuci.

Sediakan pula 60 cc cuka beserta beras putih dan gula merah secukupnya. Rebus seluruh bahan yang sudah Anda sediakan tersebut bersama air 800 cc. Didihkan hingga air berkurang menjadi separuhnya. Angkat, lalu diamkan hingga dingin dan Anda bisa meminumnya secara rutin sehari 3 kali.

  • Cuka Apel

Sebagai obat alergi dingin, cuka sari apel adalah andalannya, maka Anda pasti juga bisa meredakan gatal-gatal di kulit dengan bahan yang aman satu ini. Selain berkhasiat untuk kecantikan, cuka sari apel juga sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan kulit. Cara pemakaiannya untuk mengobati gatal pun cukup mudah.

Ambil saja beberapa tetes cuka sari apel yang sudah Anda siapkan, lalu oles ke area kulit yang diserang gatal-gatal. Cuka sari apel ini akan menawarkan manfaat sebagai pembasmi bakteri serta kuman pemicu rasa gatal tersebut. Jadi, tak usah repot lagi dan Anda bisa menikmati kembali kulit mulus tanpa iritasi.

  • Daun Mahkota Dewa

Mahkota dewa sudah sangat terkenal dengan khasiatnya yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, namun itu adalah buahnya yang kerap dimanfaatkan. Kali ini untuk mengatasi rasa gatal, obat tradisional yang bisa Anda pakai adalah bagian daunnya. Bahkan bagian batangnya juga termasuk yang bisa Anda gunakan untuk kesehatan.

Sebagai obat gatal, Anda bisa menyiapkan beberapa lembar daun mahkota dewa, pastikan kondisi daun yang diambil masih segar. Cucilah dulu hingga bersih sebelum kemudian Anda bisa giling atau tumbuk sampai benar-benar lumat. Itulah ramuan yang dapat Anda balurkan di area kulit yang gatal; asalkan rutin, gatal pasti akan cepat hilang.

  • Es Batu

Bila es batu saja bisa dijadikan obat tradisional biduran yang mampu menyembuhkan secara cepat, maka tentunya es batu pun terbilang efektif mengatasi masalah gatal oleh penyebab apapun. Caranya cukup sederhana, Anda tingal menyiapkan sejumlah pecahan es batu yang kemudian dibungkus dengan kain atau handuk bersih.

Ujung kain atau handuk bisa Anda ikat dan kemudian kain atau handuk bisa Anda gosokkan ke bagian kulit yang gatal. Oleskan selama maksimal 20 menit dan pastikan Anda melakukan pengobatan ini sehari 3-4 kali agar hasilnya maksimal. Karena rasa dingin dari es batu itulah rasa gatal akan mereda dan cepat sembuh.

  • Daun Salam

Kalau biasanya daun salam digunakan sebagai bahan atau bumbu masak, Anda bisa menggunakannya juga sebagai obat gatal alami ampuh. Hanya dengan menyiapkan daun salam sebanyak 10 lembar yang masih segar semua, Anda kemudian dapat mencucinya hingga bersih sebelum ditumbuk hingga halus dan menjadi pasta.

Pasta daun salam yang sudah jadi bisa langsung Anda terapkan pada kulit yang terkena gatal-gatal. Bilas dengan air dingin sesudah menunggunya teresap sempurna selama 15 menit. Untuk gatal cepat mereda dan hilang, Anda perlu melakukannya secara rutin. Aturan pakai yang dianjurkan adalah sehari 2 kali setiap hari.

  • Kompres Menggunakan Air Dingin

Untuk mengatasi gatal secara tradisional, obat paling ampuh lainnya adalah kompresan air dingin yang juga terbilang paling sederhana. Dengan mencelupkan handuk atau kain bersih pada air es atau air dingin, Anda dapat kemudian menempelkannya ke kulit yang terkena gatal. Tempelkan selama beberapa menit; ulangi k