Obat Rematik Herbal Ampuh

Cara Mencegah dan Mengobati Rematik Gejala, Penyebab dan Jenis Rematik
 Penyakit Rematik dan Asam Urat
Penyakit rematik merupakan penyakit yang menyerang (memberikan rasa sakit) pada bagian tubuh yang merupakan bagian anggota gerak. Tubuh yang memiliki anggota gerak seperti otot, sendi, tulang serta jaringan anggota tubuh yang dekat dengan sendi. Apabila bagian tubuh ada yang terasa sakit pada bagian yang disebutkan tersebut, maka ada kemungkinan orang tersebut terkena penyakit rematik. Apabila terjadi hal demikian sangat dianjurkan sekali untuk cepat di obati dengan obat herbal rematik yang dapat membantu menyembuhkan penyakit rematik yang anda alami saat ini. obat herbal untuk encok rematik
Penyakit rematik akan menyerang pada bagian sendi tubuh, dan juga beberapa srtuktur jaringan tubuh yang berfungsi sebagai penunjang di sekitar sendi. Dengan diserang oleh penyakit rematik, mengakibatkan bagian tubuh tersebut akan terasa nyeri.
Ciri-ciri (Gejala) Penyakit Rematik 
Adapun gejala yang umumnya terjadi pada penderita rematik adalah munculnya rasa pegal pada tubuh secara berlebihan terutama pada area tubuh. Dan juga hingga terjadi peradangan pada bagian sendi tubuh seperti munculnya warna merah, bengkak, nyeri, serta juga rasa panas pada bagian tubuh yang diserang oleh penyakit rematik. Bahkan gejala penyakit rematik yang sangat umum adalah sulit menggerakan tubuh yang diserang oleh penyakit rematik tersebut. Penyakit rematik harus segera ditangani.
Penyakit rematik memang ada kecendrungan merupakan penyakit keturunan, tetapi ternyata tidak selalu orang tua yang terkena rematik maka akan menurun penyakitnya kepada sang anak. Adapun kalau memang ada kecenderungan penyakit rematik merupakan penyakit keturunan, hal itu mungkin terjadi pada penyakit rematik dengan jenis Reumatoid Artritis, Lupus Eritematosus Sistemik dan Gout.
Penyakit rematik menjadi penyakit pada sendi yang mengkhawatirkan, yang katanya karena penyakit ini membawa kesulitan dan ketidaknyamanan hidup bagi yang mengalaminya. Sayangnya, tidak sedikit orang yang paham betul tentang penyakit rematik ini. Bahkan sering kali antara rematik dengan asam urat dianggap sebagai penyakit yang sama. Padahal kedua penyakit tersebut berbeda dan tidak berkaitan antara satu sama lainnya. obat sakit encok rematik
Keluhan Yang Sering di Derita Oleh Penderita Rematik Yaitu:
 
Rasa nyeri
Rasa pegel-pegel
Adanya gangguan aktivitas tubuh
Rasa kaku pada otot dan organ tubuh yang lain
Timbul bengkak
Faktor Penyebab Rematik Yaitu:
 
Pekerjaan / aktivitas sehari-hari yang memicu rematik
Adanya infeksi
Faktor pola makanan
Gangguan immunitas atau kekebalan daya tahan tubuh
Pengaruh kelenjar/hormon
Faktor usia
Faktor keturunan
Faktor psikologis
Faktir lingkungan
Obesitas (kelebihan berat badan)
Cedera pada alat gerak tubuh
Radikal bebas
Gaya hidup yang tidak teratur
Komplikasi dari berbagi penyakit
Sebenarnya ada banyak sekali jenis rematik (mencapai puluhan jenis). Adapun jenis rematik yang umum menyerang, yaitu:
1. Rheumatoid arthritis
Rheumatoid arthritis terjadi karena salahnya fungsi kekebalan tubuh (dalam menilai ancaman yang datang) sehingga justru menyerang jaringan-jaringan sendi yang sehat, menyebabkan sendi-sendi yang terserang mengalami peradangan. obat rematik dan encok alami
Dampaknya yaitu:
Sendi bengkak karena cairan yang menumpuk
Terasa kaku, utamanya pada pagi hari yang setelah lama tidak digerakkan
Terasa panas dan timbul warna merah
Terkadang terasa sakit yang sangat
Rheumatoid arthritis bisa menyebabkan kerusakan permanen pada sendi. Gejala yang dirasakan yaitu pergerakan sendi mulai terbatas, bahkan ada fungsi sendi yang hilang. Gejala lainnya yaitu hilangnya nafsu makan, mengalami demam, mudah lelah dan muncul nyeri otot. Rheumatoid arthritis juga bisa menyebar dan menyerang ke luar persendian seperti bagian jantung, mata, ginjal dan kulit. Pada umumnya, penyembuhan rheumatoid arthritis tidak bisa secara total, tetapi dengan pengobatan yang baik dan tepat, maka masih ada harapan agar penderita tetap bisa hidup produktif.
2. Osteoartritis
Ini merupakan penyakit pada persendian, dampaknya menyebabkan rasa sakit pada bagian tersebut dan juga membuat pergerakan sendi tubuh tidak bisa digerakan dengan leluasa (terbatas). Osteoartritis umumnya menyerang pada bagian lutut, kaki, jari, leher, pinggul dan pinggang.
Faktor timbulnya osteoartritis umumnya karena bertambahnya usia. Berikut tanda-tanda seseorang terkena penyakit ini, yaitu:
 
Ketika berjalan, bisa membuat persendian terasa sakit
Persendian terasa kaku dan membengkak.
Pada bagian persendian cenderung hangat ketika disentuh.
Melemahnya otot, sehingga mengalami kesusahan dalam melakukan aktivitas sederhana, misalnya melakukan posisi membungkuk, duduk, mengenakan baju atau celana, memegang benda, dll.
3. Sindrom Sjogren
Penyakit ini juga terjadi karena kesalahan sistem kekebalan tubuh yang justru menyerang jaringan sehat, sehingga berdampak pada munculnya radang. obat rematik encok
Umumnya kaum wanita yang paling sering mengalami sindrom sjogren dibandingkan laki-laki. Berikut gejala atau tanda-tanda dari seseorang yang terkena penyakit ini:
Munculnya rasa perih pada mata, bahkan bisa mengalami iritasi.
Munculnya masalah yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan gusi.
Mulut sering terasa kering, hal ini karena terhambatnya fungsi kelenjar di dalam mulut untuk memproduksi air liur.
Kelenjar parotid (salah satu kelenjar air liur) mengalami pembengkakan.
Mata terasa kering karena gangguan pada produksi air mata oleh kelenjar di dalam mata.
Mudah terkena sariawan.
4. Lupus
Penyakit ini juga masih berhubungan dengan masalah fungsi kekebalan tubuh. Ilmuwan belum bisa memastikan apa saja yang menjadi penyebab penyakit lupus.
Adapun tanda-tanda dari seseorang yang terkena penyakit lupus yaitu:
Rambut mengalami kerontokan
Meningkatnya resiko stroke
Mengalami kejang tidak wajar
Rasa kaki pada persendian (terkadang bisa sampai muncul rasa nyeri)
Tubuh mudah letih
Peradangan pada lapisan jantung atau paru-paru sehingga menyebabkan area dada terasa sakit.
Munculnya ruam di sekitar pipi, biasanya bentuknya seperti kupu-kupu.
Perubahan warna jari-jari tangan dan kaki ketika terkena cuaca dingin.
Kadar sel darah putih dan trombosit yang rendah.
Munculnya gejala lupus pada setiap orang bisa berbeda-beda, sehingga tidak bisa dipastikan. Adapun dengan melakukan tes darah berguna untuk mendiagnosis lupus. Tes lainnya yang mungkin dilakukan yaitu memeriksa sampel urine, atau juga tes pada fungsi hati dan ginjal.
5. Ankylosing spondylitis
Ini merupakan peradangan kronis yang menyerang tulang belakang. Penyakit ini umumnya diderita remaja pria sampai pria yang berusia 30 tahun.
Berikut di bawah ini beberapa gejala-gejalanya:
Bagian tubuh antara leher dan tulang belikat terasa nyeri.
Punggung terasa kaku, kemudian akan terasa sakit saat berdiri.
Rasa sakit terasa dari bawah hingga ke atas tulang belakang.
Ketika bergerak atau melakukan aktivitas, rasa sakit dan kaku perlahan berkurang.
Punggung bagian bawah dan bokong mengalami nyeri (kemunculannya tidak sekaligus, melainkan sedikit demi sedikit).
Bagian tubuh yang sering diserang ankylosing spondylitis, yaitu tulang rawan antara tulang rusuk dan tulang dada, pangkal tulang belakang, persendian bahu, dan beberapa lainnya. obat rematik atau encok
Mencegah penyakit Rematik 
 
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit rematik: 
 
1. Luangkan waktu (walaupun sebentar) untuk berjalan kaki 
Untuk dapat mencegah penyakit rematik ada beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan, hal sederhana pertama yang pelu dilakukan adalah berjalan kaki walaupun sebentar. Karena dengan berjalan kaki akan dapat membakar kalori, menguatkan otot, lalu dapat membuat tulang semakin berkembang dan kuat. Dengan melakukan hal tersebut, mudah-mudahan kita dapat terhindar dari rematik, terutama yang karena Asam urat.
Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan dalam melakukam aktivitas, terutama untuk orang yang sudah terserang penyakit rematik, hindari melakukan olahraga yang terlalu berat dengan membebani lutut, seperti misalnya olahraga voli yang cukup memberatkan lutut. Selain itu ada juga olahraga yang lebih baik dihindari untuk orang yang sudah terkena penyakit rematik, seperti olahraga bulu tangkis.
Intinya hindari olahraga yang membuat lutut bekerja terlalu keras dan berdiri terlalu lama. Oleh karena itu jangan sampai penderita rematik bermain bola voli, karena itu merupakan jenis olahraga yang membuat lutut sangat lelah.
2. Minum air putih yang cukup setiap hari
Seperti sudah diketahui oleh banyak orang bahwa minum air putih itu cukup menyehatkan.
Apabila Anda segang haus, maka utamakan untuk minum air putih saja. Hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara umum.
3. Rajin Memakan Buah 
Selain kita dapat sehat dengan mengutamakan minum air putih. Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi buah, Anda dapat memakan buah yang enak dan sehat seperti buah Apel, Alpukat, Semangka, Stawberry dan beberapa buah lainnya. Selain memakan buah, maka makan juga sayur-sayuran, karena kandungan di dalamnya sangat dibutuhkan oleh tubuh.
4. Perhatikan sepatu  
Gunakanlah sepatu yang benar-benar nyaman, hindari menggunakan sepatu yang sangat ketat sehingga kaki akan merasa sempit. Sepatu yang ketat dan sempit tersebut sangat berbahaya untuk kaki, terutama ibu jari kaki yang sulit untuk bergerak. Selain itu, hindari penggunaan sepatu / sandal dengan hak tinggi.
5. Kurangi tidur dengan kipas angin 
Sangat dianjurkan apabila kita ingin terhindar dari penyakit rematik lebih baik tidur tanpa menggunakan kipas angin. Apabila Kamu tidak kuat jika tidur tanpa kipas angin, maka hindari menggunakan kipas angin dengan mengarahkannya langsung kepada tubuh, Kamu dapat membuat arah tembah kipas angin berputar, sehingga tidak hanya satu tempat saja yang ditembak kipas angin. obat paru-paru
6. Ketika melakukan olahraga, maka lakukan pemanasan yang cukup
7. Hindari bekerja atau beraktivitas yang berlebihan atau terlalu berat
8. Penting untuk selalu berusaha menjaga berat badan agar tetap ideal, sehingga terhindar dari obesitas.
9. Batasi mengkonsumsi makanan sumber lemak hewani
10. Rajin mengkonsumsi buah dan sayur
11. Sering-sering lakukan relaksasi tubuh
12. Hindari menonton tv dan bekerja di depan komputer terlalu lama
Makanan dan Minuman yang bermanfaat untuk mengatasi sakit radang sendi atau rematik. 
1. Teh Hijau
Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan. Pada penelitian yang ditemukan beberapa tahun terakhir, bahwa mengkonsumsi teh hijau memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan tubuh. Teh hijau terdapat kandungan antioksidan yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang berperan sebagai zat anti-inflamasi, bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri sendi.
2. Minyak zaitun
Minyak zaitun cukup populer dngan manfaat untuk kesehatan jantung, selain itu di dalam minyak zaitun terdapat kandungan oleocanthal, yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada sendi. Kamu bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam makanan, seperti pada dressing salad, dan lainnya.
3. Jahe
Jahe adalah rimpang herbal yang banyak digunakan dalam bumbu kebanyakan masakan Asia termasuk Indonesia. Jahe juga berkhasiat sebagai anti-inflamasi dan dapat digunakan untuk beberapa pengobatan. Sangat mudah mengkonsumsi jahe, cukup dimemarkan sedikit lalu ditambahkan kedalam air hangat untuk diminum.
4. Kunyit
Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang berkhasiat untuk menghilangkan rasa sakit akibat nyeri sendi atau rematik.
 
5. Bawang Putih
Bawang merah merupakan sumber quercetin, yang merupakan zat bersifat antioksidan, dengan khasiat untuk memerangi peradangan, termasuk pada nyeri sendi akibat arthritis.
 
6. Buah Alpukat
Kamu dapat menurunkan resiko penyakit rematik dengan rajin mengonsumsi alpukat matang secara teratur. Dimana kandungan lemak di dalam alpukat bermanfaat untuk memberikan lubrikasi secara alami pada persendian tulang seperti leher, pergelangan tangan, siku, pinggul, lutut danpergelangan kaki.
7. Jus apel
Minum jul apel yang diragikan (fermentasi) sebanyak setengah cangkir, dengan frekuensi dua kali dakam sehari, memiliki manfaat untuk mengatasi sakit radang sendi.
 
8. Jus semangka
Untuk arthritis karena kelebihan asam urat. Dengan mengkonsumsi segelas jus semangka (tanpa biji) pada pagi dan malam hari bermanfaat untuk mengeluarkan kelebihan asam urat.
9. Sawi putih
Sawi putih berkhasiat untuk mencegah dan mengobati penyakit rematik. Selain itu juga untuk mengatasi beberapa penyakit lainnya seperti influenza, luka memar, campak, bisul, sakit lambung, sakit kuning, TBC dan kencing darah.
 
10. Paprika
Sayuran paprika berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh, kesehatan mata, kesehatan kulit dan selaput lendir, menurunkan kolesterol dan menurunkan resiko serangan jantug dan stroke. Selain itu paprika memiliki sifat panas di dalam kandungannya yang berkhasiat untuk mengobati penyakit rematik
11. Makanan kaya beta karoten
Karoten merupakan pigmen tumbuhan yang memiliki khasiat sebagai antioksidan bagi tubuh, kandungan ini banyak terdapat pada buah-