Penyakit Asam Urat dan Rematik

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami
Penyakit Rematik dan Asam Urat
Penyakit yang satu ini kerap menjadi masalah kesehatan yang dialami oleh sebagian besar orang terutama orang dewasa yang sudah berusia lanjut. Hal ini dikarenakan semakin berlanjutnya usia seseorang, maka sistem metabolisme tubuh manusia juga bisa mengalami penurunan. Kondisi ini tentunya menyebabkan beberapa kondisi kesehatan manusia menjadi terganggu sehingga muncul berbagai masalah kesehatan yang tentu membuat seseorang tersebut merasa tidak nyaman. penyakit asam urat penyebab dan obatnya
Penyakit asam urat memang menjadi keluhan bagi para orang tua. Bagaimanapun juga, penyakit ini sangatlah mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Pekerjaan yang seharusnya kita kerjaan harus terbengkalai disebabkan oleh gangguan penyakit yang satu ini. Seperti yang kita tahu bahwa asam urat ialah masalah kesehatan yang ditandai dengan gejala-gejala seperti pembengkakan, panas di sekitar persendian dan juga pegal-pegal di beberapa bagian tubuh.
Asam urat sendiri umumnya menyerang beberapa persendian seperti kaki, telapak kaki, tangan dan juga jari tangan. Rasa nyeri ini tentunya disebabkan oleh banyaknya penumpukan zat asam urat yang terjadi pada seseorang sehingga dapat membuatnya sulit untuk bergerak. Adanya rasa kaku pada bagian persendian terutama telapak tangan tentunya dapat membuat seseorang sangat sulit untuk memegang dan atau melakukan sesuatu. Nah, jika Anda mengalami yang namanya penyakit asam urat, alangkah baiknya jika kita mencari cara dan juga alaternatif yang bisa Anda lakukan untuk mengobati asam urat tersebut.
Penyebab Kadar Asam Urat Tinggi
Sebelum kita beranjak kepada cara mengobati asam urat dengan bahan alami. Akan lebih baik jika kita mengupas terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab kadar asam urat tinggi di dalam tubuh seseorang. Tentunya, ada beberapa faktor risiko yang membuat seseorang mengalami kadar asam urat yang tinggi. Hal ini tersebut tentunya tidak bisa lepas pula dari gaya hidup yang kita lakukan. penyakit asam urat dan obat
Penyebab asam urat tentunya tidak hanya terdiri dari satu penyebab saja. Namun, tentunya ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kadar asam urat yang tinggi. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan kadar asam urat pada tubuh seseorang menjadi tinggi, diantaranya:
Faktor usia
 
Jika kita berbicara faktor usia, sudah pasti bahwa asam urat ini menyerang sebagian besar orang yang sudah berusia lanjut. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa usia seseorang memang sangat mempengaruhi kadar munculnya penyakit di dalam tubuh seseorang. Pada umumnya penyakit asam urat ini menyerang sebagian besar orang yang sudah berusia di atas 50 tahun. Hal ini dikarenakan sistem metabolisme tubuh pada seseorang yang sudah memasuki usia 50 tahun ini memang sudah menurun.
Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan pula untuk sebagian besar orang di bawah 50 tahun bahkan 40 tahun mengalami gejala penyakit yang satu ini. Untuk faktor jenis kelamin, asam urat memang lebih sering terjadi pada laki-laki, sedangkan pada wanita akan terjadi jika akan memasuki fase menopause.  Meskipun usia menentukan munculnya kadar asam urat, namun tentunya kondisi tersebut berhubungan dengan apa yang kita konsumsi dan gaya hidup seperti apa yang kita jalankan sehari-hari. penyakit asam urat obat herbal
 
Makanan yang tidak sehat
Penyebab ini mungkin bisa dibilang sebagai faktor utama seseorang mengalami yang namanya kadar asam urat yang tinggi. Bagaimanapun juga, penyakit yang muncul di dalam tubuh kita tentu tidak dapat dipisahkan dari makanan yang kita konsumsi, terlebih makanan yang tidak sehat. Bahkan banyak orang yang tidak menyadari bahwa makanan memang menjadi penyebab yang sangat kuat dimana kadar asam urat di dalam tubuh menjadi sangat tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa mengonsumsi makanan yang tidak sehat tentunya sangat memungkinkan memicu kadar asam urat menjadi sangat tinggi meskipun memang tidak terjadi secara langsung.
Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat memicu tingginya kadar asam urat di dalam tubuh, diantaranya:
 
– Jeroan hewan
Jeroan memang sangat menggoda dengan rasa yang gurih dan juga lezat sehingga tidak ada alasan bagi setiap orang untuk tidak menikmatinya. Beberapa jenis jeroan di sini yakni seperti hati, kikil, ampela, usus, paru, jantung dan juga jeroan lainnya. Bagi Anda yang menyukai berbagai jenis jeroan tentunya tidak heran jika Anda mengalami kadar asam urat yang tinggi. Terlebih jika dalam jangka waktu yang cukup lama.
– Daging sapi dengan lemak
Kita tentu sering mendapati daging sapi dengan kandungan lemak. Ternyata, daging sapi dengan lemak akan sangat memicu timbulnya kadar asam urat di dalam tubuh menjadi sangat tinggi. Selain asam urat, daging sapi juga menyebabkan kadar kolesterol di dalam tubuh menjadi sangat tinggi. Hal ini dikarenakan daging sapi memiliki kandungan purin sehingga Anda harus menghindarinya. penyakit asam urat obatnya apa
– Seafood
Sudah tidak dapat diabaikan lagi akan kadar asam urat yang ada di dalam jenis makanan seafood. Makanan laut ini memang memberikan rasa yang sungguh nikmat sehingga tidak heran jika banyak orang yang mengonsumsi jenis makanan yang satu ini. Berbagai jenis seafood seperti kerang, scallops, udang, lobster, ikan sarden, ikan teri, ikan makarel, ikan tuna, ikan hering, caviar dan juga ikan kod memang benar-benar harus Anda hindari sebisa mungkin.
 
– Minuman keras
Tidak dapat diragukan lagi akan bahaya minuman yang satu ini bagi kesehatan tubuh manusia. Alkohol memang mengandung bahan yang berbahaya sehingga dapat mengakibatkan tingginya kadar purin di dalam tubuh. Selain dapat memicu tingginya kadar asam urat, minuman beralkohol juga dapat meningkatkan efek samping dan mengganggu kesehatan tubuh manusia. Jika terus dikonsumsi, tidak menutup kemungkinan kita akan mengalami penyakit lain yang lebih serius.
– Beberapa jenis sayuran
Sayuran memang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, namun jika kadar asam urat di dalam tubuh kita tinggi. Maka sangat dilarang untuk kita untuk mengonsumsi beberapa jenis sayuran dan juga biji-bijian. Hal ini dikarenakan beberapa jenis sayuran memang memiliki zat purin sehingga menyebabkan kadar asam urat di dalam tubuh menjadi sangat tinggi. Beberapa jenis sayuran dan juga biji-bijian yang tentunya dianjurkan untuk dihindari diantaranya kembang kol, asparagus, bayam, biji bunga matahari, keledai, dan juga jamur.
– Makanan olahan
Makanan olahan di sini tentunya yang memang sudah dibuat dengan metode tertentu sehingga menghasilkan jenis makanan lain. Makanan olahan memang sangat tidak baik terutama junk food dan juga fast food. Hal ini dikarenakan makanan tersebut mengandung beberapa zat yang mungkin sangat berbahaya sehingga menimbulkan kadar purin di dalam tubuh menjadi sangat tinggi.
Beberapa jenis makanan olahan yang dipercaya mampu meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh diantaranya makanan ringan yang dijual bebas di pasaran, kismis, oatmeal, makanan beku, ragi roti, ragi bir dan juga olahan saus.
Itulah beberapa jenis makanan yang memang benar-benar harus Anda hindari sebelum terlambat dan tentunya bisa berakibat fatal dan juga menyebabkan zat purin menjadi sangat tinggi sehingga menyebabkan kadar asam urat di dalam tubuh menjadi sangat tinggi.
Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami
 
Berikut ini beberapa alternatif dan juga cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati asam urat dengan bahan alami, diantaranya:
 
Daun Sambolito
Daun yang satu ini termasuk ke dalam salah satu tanaman herbal dan termasuk ke dalam jenis tanaman liar. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui akan manfaat dari daun sambiloto ini, namun ternyata daun ini memiliki khasiat yang cukup efektif dalam mengobati penyakit asam urat. Tanaman ini ialah jenis tanaman yang berasal Asia Afrika dan juga menyebar ke India dan terus meluas.
Dalam mengobati kadar asam urat di dalam tubuh daun ini memang memiliki kandungan natrium, kalsium dan juga kalium yang tentunya sangat bermanfaat untuk mengobati asam urat. Daun sambiloto ini bisa Anda konsumsi dengan cara merebus daunnya dan meminum air rebusan dari daun sambiloto ini.
Daun Sirsak
Sama halnya dengan daun sambiloto, daun sirsak juga memiliki khasiat yang tidak kalah pentingnya dalam mengobati penyakit asam urat ini. Kandungan yang ada di dalam asam urat ini memang hampir sama dengan kandungan yang ada di dalam daun sambiloto sehingga tidak heran jika daun sirsak ini dipercaya ampuh dalam mengobati asam urat. Seperti dengan daun sambiloto, daun sirsak juga dapat dikonsumsi dengan cara merebus daun dan juga meminumnya.
Madu Hitam
Madu ini memang sangat terkenal dengan madu pahit yang memang berasal dari hutan. Madu hitam memang memiliki rasa yang berbeda dengan rasa madu pada umumnya. Madu pahit ini tentunya memiliki kandungan alkaloid yang tentu berasal dari sumber nektar (senyawa basa bernitrogen yang terdapat di beberapa jenis tanaman). Kandungan pahit inilah yang tentunya membuat madu hitam dapat mengobati berbagai penyakit termasuk penyakit asam urat. penyakit asam urat obat alami
Bawang Dayak
Jenis tanaman bawang yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Namun tentunya kita tidak mengetahui bahwa ternyata bawang dayak ini memiliki khasiat yang sangat tinggi dalam mengobati kadar asam urat di dalam tubuh. Seperti hal namanya, bawang ini memang berasal dari suku dayak. Selain mengobati asam urat, bawang dayak juga dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Pada umumnya, bawang dayak ini diolah dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, lalu kemudian dicampur dengan air hangat, layaknya meminum teh.
Bunga Rosella
Bunga yang memiliki warna merah pekat ini ternyata termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman yang dipercaya dapat mengobati penyakit asam urat di dalam tubuh seseorang. Kandungan protein yang terdapat di dalam bunga rosella ini memang sangat bermanfaat dalam mengobati penyakit asam urat. Untuk menurunkan kadar asam urat dengan bunga rosella ini, tentunya Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dapat direbus terlebih dahulu.
Jus Buah Cerry
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University mengenai objek buah cerry. Di dalam buah cerry ternyata terdapat kandungan antioksidan dan juga anti-inflamasi yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa kandungan antioksidan tersebut tentunya dapat dipercaya mencegah radikal bebas sedangkan anti-inflammasi dapat mencegah timbulnya peradangan di dalam tubuh.
Selain itu, buah cerry juga mengandung senyawa asam yang pekat dimana kandungan asam ini dapat mengimbangi kadar asam urat di dalam dan juga urin. Kandungan nutrisi dan juga kalium yang terdapat di dalam buah cerry tentunya dapat mengakibatkan rasa perih dan juga sakit di daerah persendian. Meskipun asam rasa yang ditimbulkan, namun tentunya buah cerry ini berkhasiat dalam menurunkan kadar asam urat.
Jus Lemon
Di dalam lemon tentunya mengandung zat asam dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Bagaimanapun juga, zat asam yang terdapat di dalam lemon ini memiliki kandunga yang cukup baik untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Kandungan asam yang terdapat di dalam lemon tentunya sangat membantu tubuh dalam memproduksi kalsium karbonat sehingga dapat menetralkan asam urat di dalam tubuh.
Konsumsi makanan yang bersifat basa
Makanan yang bersifat basa memang terbukti efektif untuk menurunkan kadar asam urat. Jika Anda mengonsumsi makanan yang bersifat basa, maka akan menetralisasi kandungan asam urat yang terdapat di dalam tubuh. Dalam hal ini asam urat memang diproses melalui ginjal. Maka, makanan yang bersifat basa inilah yang tentunya dapat membantu melarutkan asam urat dan mengeluarkannya dalam bentuk urin.
Konsumsi Cuka Madu
Mungkin kita akan terasa aneh ketika mendengar nama cuka madu, namun di Arab Saudi cuka madu ini sangat terkenal. Di Indonesia, cuka madu ini dikenal dengan sebutan propolis. Banyak sekali pedagang obat herbal yang menjual cuka madu ini. Seperti yang kita tahu bahwa propolis ialah kumpulan resin lebah yang membantu memberikan sifat basa di dalam tubuh sehingga memang sangat cukup efektif untuk menetralkan asam urat yang cukup tinggi.
 
Perbanyak Konsumsi Air Putih
Bagaimanapun juga, air putih memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu, air putih diperlukan tubuh untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita dan juga menghindarkan diri kita dari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Mengonsumsi air air putih dengan rutin tentunya dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.
Dalam memenuhi cairan tubuh, tentunya Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas perhari atau lebih sesuai dengan kebutuhan cairan tubuh Anda. Dengan mengonsumsi cairan tubuh dengan lengkap tentunya dipercaya mampu melarutkan asan urat di dalam ginjal kita sehingga asam urat dapat keluar dalam bentuk urin. Jika dikonsumsi dengan sangat rutin tentunya kadar asam urat tidak akan pekat sehingga adanya pengkristalan pada bagian sendi bisa sangat kecil.
Dengan Cengkeh dan Ubi Jalar
Tentunya Anda sudah tahu akan manfaat dari saun cengkeh untuk kesehatan. Daun yang kerap digunakan untuk mengobati sakit gigi ini ternyata dipercaya juga untuk mengobati asam urat di dalam tubuh kita. Ditambah dengan ubi jalar yang sudah dikenal oleh nenek moyang kita sebagai penetral kadar purin. Jika digabungkan, maka manfaat dari kedua bahan alami ini sudah tidak dapat diragukan lagi.
Berikut ini kami sajikan beberapa cara mengobati asam urat dengan daun cengkeh dan juga ubi jalar, diantaranya:
– Siapkan ubi jalar dan cengkeh secukupnya serta beberapa bahan lain seperti kayu manis, pala, jahe merah, kapulaga dan juga air.
– Setelah itu, cuci semua bahan alami tersehut hingga benar-benar bersih.
– Rebus semua bahan tersebut dengan menggunakan air hingga mendidih dan tersisa air setengahnya.
– Saring air tersebut, kemudian konsumsi campuran bahan ini selagi hangat.
– Sedangkan untuk ubi jalar, Anda juga bisa mengonsumsinya secara langsung.
– Lakukan langkah ini secara rutin ketika kadar asam urat Anda tinggi.
Dengan Daun Salam
Daun yang dikenal memiliki aroma yang sangat khas dan juga wangi ini. Ternyata juga memiliki kandungan yang tidak kalah dengan daun cengkeh. Kandungan yang terdapat di dalam daun salam ini yaitu kalium ternyata memiliki khasiat untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh kita.
 
Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut, diantaranya:
– Siapkan terlebih dahulu beberapa lembar daun salam dan juga 2 gelas air
– Setelah daun salam dibersihkan, rebus daun salam dengan 2 gelas air tadi hingga mendidih sampai tersisa sekitar satu gelas
– Sisad ari air daun salam tentunya dapat Anda konsumsi secara rutin maksimal dua hari sekali terutama ketika kadar asam urat Anda tinggi.
Dengan Daun Cocor Bebek
Daun dengan manfaat yang sangat ampuh untuk kesehatan ini ternyata dipercaya dapat menyembuhkan luka radang, ambeien, dan juga penyakit lainnya. Daun yang dikenal dengan nama cocor, sosor dan suru bebek ini termasuk ke dalam tunas daun yang hidup di alam liar. Untuk mengobati asam urat dengan menggunakan daun cocor bebek ini tentunya Anda juga harus menyiapkan beberapa kawan-kawannya seperti cengkeh, jahe, kayu manis, pala dan kapulaga.
Racikan herbal dari beberapa bahan tersebut dipercaya ampuh untuk mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Selain itu, racikan ini tentunya dapat menjaga daya tahan tubuh dan juga sistem imunitas tubuh.
 
Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat racikan obat asam urat dari daun cocok bebek, diantaranya:
– Siapkan bahan-bahan yang sudah kami jelaskan tadi secukupnya dengan air sekitar 600 ml
– Rebuslan bahan-bahan tadi dengan air sampai mendidih dan sisakan setengahnya. Bagi air yang sudah disisakan tadi menjadi tiga gelas untuk dikonsumsi secara rutin sebanyak 3 kali dalam sehari.
– Pada umumnya, nyeri akibat asam urat yang tinggi bisa hilang dalam seminggu.
Komplikasi Dari Penyakit Asam Urat
Setiap penyakit tentunya akam menimbulkan beberapa komplikasi yang bisa berakibat fatal. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh yang sudah terserang penyakit menjadi tidak stabil sehingga akan memberikan dampak yang cukup buruk terhadap kondisi kesehatan yang lain. Begitupula dengan penyakit asam urat dimana akan memberikan komplikasi yang cukup buruk terhadap kesehatan. Berikut ini beberapa komplikasi dari penyakit asam urat yang tentu bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya:
Penyakit batu ginjal
Salah satu komplikasi dari asam urat ialah penyakit batu ginjal. Hal ini dikarenakan asam urat yang dikeluarkan oleh tubuh terbentuk dalam air seni melalui ginjal. Terkadang asam urat yang dikeluarkan akan membentuk endapan-endapan did alam ginjail terutama pada penderita dengan kadar asam urat yang cukup tinggi. Meksipun memang dikeluarkan dalam bentuk cairan urin, namun jika memiliki ukuran yang cukup besar, maka akan menyebabkan penyakit batu ginjal. Penderita asam urat setidaknya akan merasakan sensasi selalu ingin buang air kecil. Jika terus dibiarkan, maka akan menyebabkan timbulnya infeksi saluran kencing.
 
Kerusakan pada sendi
Sudah tidak diragukan lagi akan komplikasi penyakit yang satu ini dimana asam urat bisa menyebabkan kerusakan pada persendian. Hal ini dikarenakan kristal-kristal natrium urat menumpuk dan juga membentuk tofi di dalam sendi. Sehingga lambat laut akan berpotensi merusak sendi. Bukan hal mustahil jika terus dibiarkan, maka akan menyebabkan kerusakan pada sendi dan akan meningkat menjadi status yang parah. Jika sudah parah, maka tidak menutup kemungkinan untuk melakukan tindakan lain yakni prosedur operasi.
 
Munculnya benjolan-benjolan tofi
Perlu Anda tahu bahwa tofi ialah gumpalan-gumpalan kecil yang berwarna putih dan juga kuning yang ada di balik kulit dan terbentuk dari akumulasi kristal-kristal asam urat. Benjolan tofi ini pada umumnya muncul di daerah siku, lengan, tumit, telinga, jari tangan dan juga jari kaki. Benjolan tofi ini umumnya muncul pada penderita asam urat yang sudah sangat parah.
Munculnya tofi pada beberapa bagian tubuh tentunya menjadi tanda bahwa memang pengobatan untuk asam urat sudah tidak dapat ditunda lagi. Dengan artian Anda harus segera melakukan pengobatan agar benjolan tofi