Obat Gejala Stroke Ringan

Obat gejala stroke ringan-Stroke, yang juga dikenal sebagai kecelakaan serebrovaskular atau CVA adalah ketika bagian otak kehilangan suplai darah dan bagian tubuh sehingga sel otak yang kekurangan darah berhenti bekerja. Hilangnya suplai darah ini bisa bersifat iskemik karena kekurangan aliran darah, atau hemorrhagic karena pendarahan ke jaringan otak. Stroke adalah keadaan darurat medis karena stroke dapat menyebabkan kematian atau cacat permanen. Ada kesempatan untuk mengobati stroke iskemik namun perawatan tersebut perlu dimulai pada beberapa jam pertama setelah tanda-tanda stroke dimulai. Pasien, keluarga, atau pengamat, harus menghubungi layanan medis darurat segera jika ada dugaan stroke. Obat Cegah Stroke
Obat gejala stroke ringan-Serangan iskemik transien (TIA atau mini-stroke) menggambarkan stroke iskemik yang berumur pendek dimana gejala sembuh secara spontan. Keadaan ini juga membutuhkan penilaian darurat untuk meminimalisasi risiko stroke di masa depan. Menurut definisi, stroke akan diklasifikasikan sebagai TIA jika semua gejala teratasi dalam waktu 24 jam.

Apa yang menyebabkan stroke?

Berbagai bentuk stroke memiliki penyebab spesifik yang berbeda.
Penyebab stroke iskemik
Stroke iskemik adalah bentuk yang paling umum, terhitung sekitar 85 persen stroke. Jenis stroke ini disebabkan oleh penyumbatan atau penyempitan arteri yang memberikan darah ke otak, mengakibatkan iskemia – aliran darah sangat menurun yang merusak sel otak.
Penyumbatan ini sering disebabkan oleh pembekuan darah, yang bisa terbentuk baik di arteri di dalam otak, atau di pembuluh darah lain di dalam tubuh sebelum disapu melalui aliran darah dan masuk ke arteri yang lebih sempit di dalam otak. Endapan lemak di dalam arteri yang disebut plak dapat menyebabkan gumpalan yang mengakibatkan iskemia. Obat Stroke Paling Cepat
Penyebab stroke hemoragik
Hemorrhagic stroke disebabkan oleh arteri di otak yang membocorkan darah atau meledak terbuka. Darah yang bocor memberi tekanan pada sel-sel otak dan merusaknya. Hal ini juga mengurangi suplai darah mencapai jaringan otak setelah titik perdarahan. Pembuluh darah bisa meledak dan menumpahkan darah di dalam otak atau di dekat permukaan otak, mengirim darah ke tempat antara otak dan tengkorak.
Pecahnya bisa disebabkan oleh kondisi seperti hipertensi, trauma, obat pengencer darah, dan aneurisma (kelemahan dinding pembuluh darah).
Perdarahan intracerebral adalah tipe yang paling umum dari stroke hemoragik dan terjadi ketika jaringan otak dibanjiri darah setelah arteri di otak pecah. Perdarahan subarachnoid adalah tipe kedua dari stroke hemoragik dan jarang terjadi. Pada jenis stroke ini, pendarahan terjadi di arteri di ruang subarachnoid – area antara otak dan jaringan tipis yang menutupinya.
Penyebab transient ischemic attack (TIA)
TIA berbeda dengan jenis di atas karena aliran darah ke otak hanya sebentar terganggu. TIA mirip dengan stroke iskemik karena sering disebabkan oleh pembekuan darah atau bekuan darah lainnya.
TIA harus dianggap sebagai keadaan darurat medis seperti jenis stroke lainnya, bahkan jika penyumbatan arteri dan gejalanya bersifat sementara. Mereka berfungsi sebagai tanda peringatan untuk stroke masa depan dan menunjukkan bahwa ada sumber arteri atau bekuan yang sebagian tersumbat di jantung.
Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), lebih dari sepertiga orang yang mengalami TIA mengalami stroke berat dalam setahun jika mereka belum menerima perawatan apapun. Antara 10-15 persen akan mengalami stroke besar dalam waktu 3 bulan setelah TIA. Obat Stroke Di Apotik

Gejala stroke

Stroke terjadi dengan cepat, sehingga gejala sering muncul tiba-tiba dan tanpa peringatan.
Gejala utama stroke adalah:
  • Kebingungan – termasuk masalah dengan berbicara dan mengerti.
  • Sakit kepala – mungkin dengan kesadaran atau muntah yang berubah.
  • Mati rasa atau ketidakmampuan untuk memindahkan bagian wajah, lengan, atau tungkai – terutama di satu sisi tubuh.
  • Kesulitan melihat – di salah satu atau kedua mata.
  • Kesulitan berjalan – termasuk pusing dan kurang koordinasi.
Stroke dapat menyebabkan masalah jangka panjang. Bergantung pada seberapa cepat diagnosis dan penanganannya, pasien dapat mengalami cacat sementara atau permanen setelah stroke. Selain kegigihan masalah yang tercantum di atas, pasien mungkin juga mengalami hal berikut:
  • Masalah kontrol kandung kemih atau usus
  • depresi
  • Nyeri pada tangan dan kaki yang memburuk dengan gerakan dan perubahan suhu
  • Kelumpuhan atau kelemahan pada satu atau kedua sisi tubuh
  • Masalah mengendalikan atau mengekspresikan emosi
  • Gejala bervariasi di antara pasien dan mungkin berkisar dalam tingkat keparahan.