Cara Menghilangkan Kutil Di Alat Kelamin

Cara Menghilangkan Kutil Di Alat Kelamin – Ketika penyakit ini sudah terjadi pada tubuh seseorang maka biasanya mereka akan mengalami perubahan drastis dalam hubungan seksual, penderita dihadapkan dengan banyak keputusan sulit ketika mendapatkan pasangan seksual baru dan sedang mengidap penyakit kutil kelamin ini. Pada dasarnya, jika Anda melakukan kontak seksual dengan pasangan yang terinfeksi, kemungkinan besar anda akan menyebarkan penyakit dalam waktu tiga bulan. Karena itulah maka pencegahan penyakit ini harusnya dipikirkan dari sekarang juga, apalagi kita tidak tahu bahwa penyakit ini dapat terjadi kapan saja. Inilah yang menyebabkan penyakit kutil kelamin kejadianya semakin meluas.

Kutil kelamin menjadi salah satu jenis yang paling umum dari infeksi menular seksual. Orang yang aktif melakukan hubungan seksual dapat terinfeksi human papillomavirus (HPV). Akibatnya, kutil kelamin tumbuh di beberapa titik dalam organ intim mereka. Pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh pada vulva, dinding vagina, leher rahim, dan pada daerah yang berada diantara alat kelamin eksternal dan anus.

Sedangkan, pada pria, kutil kelamin dapat tumbuh di ujung atau batang penis, skrotum, dan anus. Selain itu, kutil kelamin juga dapat berkembang di dalam mulut atau tenggorokan orang yang pernah melakukan kontak seksual oral dengan orang yang terinfeksi oleh virus HPV.

Penyebab Timbul kutil di kemaluan pria

Pengobatan Kutil Kelamin – Meskipun tidak menyakitkan, kutil kelamin terkadang menimbulkan rasa nyeri ringan dan gatal-gatal. Tak jarang pula, kutil kelamin dapat menyebabkan pendarahan.

Penularan penyakit kutil kelamin adalah melalui hubungan seksual baik melalui oral, vagina maupun anus. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual dengan orang yang memiliki kutil kelamin atau menggunakan alat pengaman ketika berhubungan seksual. Pada wanita sendiri kadang kutil bisa tumbuh di bagian servix sehingga tidak menyadari kutil telah berkembang dengan pesat. Jika dibiarkan maka akan menyebabkan bintil-bintil kecil pada alat kelamin. Diameter kutil kelamin adalah sekitar 4mm. Penyakit kutil kelamin ini sangat mengganggu bahkan melebih jika terjadi di bagian tubuh lainnya dan bisa menjadi beban psikologis bagi penderitanya. Pada wanita sendiri bukan tidak mungkin kutil kelamin menjadi sumber pemicu kanker serviks.

Penyebab Penyakit Kutil Kelamin

Penyakit kutil kelamin ini tidak langsung terjadi namun bisa tumbuh sekitar 2-3 bulan setelah melakukan hubungan seksual dengan orang yang mengidap penyakit kutil kelamin. Diakibatkan oleh virus HPV yang menyerang kulit kelamin dan bisa juga menyerang mulut karena seks oral. Orang-orang yang rentan terhadap penyakit kutil kelamin adalah mereka yang termasuk dalam golongan berikut ini:

  • Melakukan hubungan intim dengan banyak pasangan tanpa alat pengaman kondom.
  • Punya penyakit kelamin lainnya.
  • Berhubungan seksual dengan penderita penyakit kutil kelamin baik yang Anda ketahui ataupun tidak.
  • Aktif melakukan hubungan seksual pada usia muda.

 

Penyebab kutil kelamin ini bisa disebabkan oleh diri sendiri karena kurangnya higieni tubuh khususnya bagian intim, berikut beberapa penyebab penyakit kutil kelamin, misalnya:

Jarang mengganti celana dalam sehingga menyebabkan daerah intim menjadi lembap dan kotor.

  • Tidak pernah membersihkan daerah intim.
  • Tidak mengelap bagian organ vital setelah buang air kecil.
  • Tertular dari pasangan seperti yang telah disebutkan.

 

Sementara itu gejala penyakit kutil kelamin adalah ditandai dengan beberapa ciri-ciri berikut ini:

  • Area kecil berwarna abu-abu yang membengkak pada bagian daerah vital.
  • Beberapa kutil yang berdekatan bentuknya menyerupai kembang kol.
  • Tidak nyaman dan rasa gatal pada bagian daerah genital.
  • Terjadi pendarahan pada saat melakukan hubungan seksual.

 

 

Untuk pencegahan penyakit kutil kelamin bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut:

  • Rutin mengganti celana dalam paling tidak dua kali sehari.
  • Tidak memakai celana dalam yang basah atau setengah kering karena akan membuat daerah genital lembap.
  • Mengeringkan organ genital.
  • Membersihkan organ vital bisa dengan semacam sabun khusus.
  • Safe sex.

 

Kondyloma akuminata si jengger ayam atau kutil kutil kelamin disebabkan oleh virus HPV ( Human Papiloma Virus ) Penyakit ini bisa menular melalui hubungan seks baik secara vaginal, anal, maupun oral. Bahkan penyakit ini juga bisa menular melalui sentuhan dengan daerah yang terinfeksi. Jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan khusus, penyakit kelamin jengger ayam ini bisa juga menyebabkan kanker serviks pada wanita.

Pengertian Kondiloma Akuminata